3 Tips Mencegah Diabetes Tipe 2

Teman Sehat, tahukah kamu kalau diabetes merupakan penyakit metabolik? Yap, Diabetes melitus (DM) merupakan penyakit metabolik, yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah akibat berkurangnya sekresi insulin. Kamu tau ngga, ternyata penderita diabetes semakin meningkat prevalensinya dari tahun ke tahun, loh!

Prevalensi penyakit diabetes tipe 2 lebih tinggi dari diabetes tipe 1. WHO (World Health Organisazation), memprediksi kenaikan jumlah penderita diabetes tipe 2 di Indonesia meningkat menjadi 12 juta pada tahun 2030. Selain itu, menurut data dari WHO (2014), Indonesia menempati  urutan keempat terbesar di dunia, dengan kasus diabetes tipe 2 sebesar  sekitar 2,38%.

Lalu apa aja ya, yang perlu diperhatikan agar kamu terhindar dari penyakit diabetes? Let’s check it out!

1. Pengaturan Pola Makan

Salah satu penyebab penyakit diabetes  tipe  2, yaitu pola makan. Pola makan yang dilakukan, terkait dengan jenis, jumlah dan komposisi bahan makanan yang dikonsumsi.

Masyarakat diperkotaan, termasuk karyawan kantoran dan remaja, kebanyakan megonsumsi makanan fast food, tinggi lemak, garam, dan gula. Jika jenis makanan ini dikonsumsi berlebihan, bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit tidak menular (PTM), termasuk diabetes.

2. Periksa Riwayat Genetik

Selain pola makan, faktor lain yang berdampak pada prevalensi penyakit diabetes tipe  2  adalah  faktor  keturunan  atau  genetik. Beberapa penelitian telah membuktikan, bahwa seseorang yang punya riwayat keluarga menderita diabetes lebih berisiko daripada seseorang yang ngga punya riwayat. Selain itu, risiko diabetes tipe 2 akan meningkat 2-6 kali lipat, jika orang tua atau saudara kandung  kamu memderita penyakit ini.

3. Lakukan Olahraga

Kurangnya latihan fisik atau olahraga, juga salah satu penyebab terjadinya diabetes. Jika kamu malas melakukan latihan fisik atau olahraga, maka cadangan zat glikogen atau lemak akan tetap tersimpan di dalam tubuh.

Kalau cadangan yang berlebihan ini ngga dikeluarkan, maka akan meningkatkan risiko timbulnya berbagai  macam  penyakit  degeneratif, seperti diabetes. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan ativitas fisik untuk menguatkan dan menyehatkan badan seperti jogging, berenang, dan aktivitas lainnya.

Yuk, lakukan 3 tips ini agar kamu dan orang-orang terdekat terhindar dari penyakit diabetes. Jangan lupa, setelah melakukan tips ini, berikan komentar di bawah ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *