Diabetes? Ubah Kebiasaannya dengan 4 Hal ini!

Teman Sehat tau ngga sih, ternyata diabetes merupakan penyakit gangguan metabolik menahun yang disebabkan produksi insulin yang ngga banyak, sehingga kerjanya kurang efektif. Insulin merupakan salah satu hormon yang berfungsi mengatur keseimbangan kadar gula darah didalam tubuh.

Jika insulin di dalam tubuh ngga berfungsi dengan baik, maka gula yang dihasilkan melalui proses pencernaan makanan, ngga akan terdisribusi dengan baik ke dalam sel kamu. Sehingga menyebabkan kandungan gula di dalam darah meningkat dan risiko terkena penyakit diabetes pun lebih tinggi.

Tapi, gimana ya caranya supaya kamu ngga berisiko terkena penyakit ini? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Diabetes dan hormon insulin

Kalau hormon insulin kamu mengalami gangguan, bisa saja risiko terkena diabetes jadi lebih tinggi. Ada dua tipe diabetes yang mungkin berisiko, yaitu diabetes tipe 1 dan 2.

Pada diabetes tipe 1, terdapat gangguan pada organ pankreas, sehingga produksi  insulin menjadi kurang maksimal dan kadar gula yang harus dikirimkan ke dalam sel sebagai sumber energi, malah menumpuk di dalam darah. Penyakit ini bisa timbul pada usia anak atau remaja, loh!

Diabetes tipe 2, organ pankreas masih berfungsi dengan baik, tapi kualitas insulinnya ngga maksimal. Jika ngga ditangani dengan serius, maka akan menimbulkan komplikasi penyakit seperti, stroke, jantung atau bahkan kebutaan. Umumnya penyakit ini bisa timbul pada usia 20 sampai usia diatas 40 tahun.

Yuk, kurangi risikonya!

1. Biasakan sarapan

Biasanya orang yang berisiko penyakit ini, kalau pola makannya ngga teratur akan meyebabkan jumlah konsumsi makanannya lebih banyak, sehingga kemungkinan jumlah gula darahnya meningkat akan lebih tinggi.

Sarapan merupakan jam makan penting, loh! Saat bangun tidur, keadaan lambung akan kosong dan kamu butuh asupan energi. Energi dalam bentuk karbohidrat, protein, sayuran, buah dan air agar kebutuhan tubuh kamu dipenuhi dengan seimbang dan aktivitas kembali optimal.

2. Makanlah secara perlahan

Taukah kamu, makan terburu-buru ternyata bisa membuatporsi makan semakin banyak? Yap, menurut penelitian di Rhode Island, Amerika, makan secara terburu-buru dengan rentang waktu selama 9 menit bisa membuatmu mengonsumsi makanan sebanyak 646 kalori.

Berbeda ketika kamu makan secara perlahan dengan mengunyah sebanyak 15-20 kali, kalori yang masuk kedalam tubuhmu hanya sebanyak 579 kalori. Hal ini dikarenakan orang yang berisiko diabetes, harus menjaga asupan kalorinya agar jumlah gula didalam darahnya tetap normal.

3. Makanlah dengan porsi yang seimbang

Cara selanjutnya, agar kamu terhindar dari penyakit ini adalah makan dengan porsi yang seimbang pada setiap harinya. Nah menu yang seimbang harus terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serat dan vitamin. Jangan lupa, berikan porsi yang lebih banyak pada makanan yang mengandung serat, agar kamu ngga cepat lapar.

4. Pilih cemilan yang sehat

Memilih cemilan atau kudapan yang sehat bisa mencegah kamu dari diabetes loh! Kamu bisa menjadikan sayuran atau buah-buahan sebagai kudapan sehat dengan kandungan kalori yang rendah. Konsumsi sebagai buah potong, jus segar atau salad bisa menjadi pilihan yang baik, loh!

Nah, sekarang kamu udah tau kan, gimana cara mengurangi risiko diabetes dengan melakukan empat hal tadi. Jangan lupa disebarkan dan dilakukan ya, Teman Sehat! Agar kamu dan orang terdekat bisa mengurangi risiko diabetes dan tetap sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *