4 Tips Scrubbing Bibir Hitam

Halo, Teman Sehat! Bibir merupakan bagian tubuh yang ngga terlepas dari perhatian kamu. Warna merah pada bibir, berasal dari pembuluh darah yang terletak di bawah kulit bibir yang transparan. Tapi ada satu permasalahan yang sering terjadi pada bibir, yaitu bibir hitam.

Bibir hitam merupakan kondisi saat warna bibir kamu mengalami perubahan warna lebih gelap yang diakibatkan hiperpigmentasi atau produksi melanin yang berlebihan. Amankah bibir berwarna hitam? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Amankah bibir hitam?

Teman Sehat, kondisi bibir hitam, bisa disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat, seperti merokok, dehidrasi, kurangnya konsumsi sayur dan buah, maupun terpapar sinar matahari. Penggunaan kosmetik juga bisa menjadi penyebabnya, seperti efek alergi pada kosmetik dan penggunaan lipstik yang ngga segera dibersihkan. Nah, kamu bisa meminimalisir hal ini dengan melakukan scrubbing bibir. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Scrub madu dan gula

Scrub ini bekerja dengan membantu mengangkat sel-sel mati pada bibir. Sebaiknya kamu melakukan hal ini maksimal seminggu sekali untuk mencegah iritasi. Berikut langkah langkahnya :

  • 1 sdt madu and 1 sdt gula
  • Campur dan aduk rata lalu oleskan dengan lembut di atas bibir. Diamkan selama kurang lebih  5 menit
  • Bilas menggunakan air hangat

2. Scrub kunyit

Zat antioksidan polyphenol yang terkandung di dalam kunyit, mampu berperan menghambat produksi melanin yang bisa mengubah warna bibir kamu. Selain itu zat ini juga bisa menghambat bibir mengalami hiperpigmetasi. Berikut langkah – langkahnya :

  • 1 sdt susu susu.
  • Bubuk kunyit secukupnya.
  • Campur dan aduk rata, lalu oleskan dengan lembut pada bibir lalu diamkan selama 5 menit.
  • Bilas dengan air dingin.
  • Lalu gunakan mousterizer yang biasa digunakan untuk bibir.

3. Scrub Lemon

Lemon dan buah asam lainnya (sepeti jeruk dan strawbery) memiliki kandungan zat antioksidan flavonoid yang mampu menghambat produksi melanin, sehingga hiperpigmentasi pada kulit bibir kamu pun bisa dicegah. Berikut steps penggunaan scrub lemon :

  • Gosokan sepotong lemon secara halus di atas bibir.
  • Diamkan hingga pagi hari.
  • Saat bangun tidur bilas dengan air hangat hangat kuku.

Lakukan secara rutin setiap malam hingga terlihat hasilnya kurang lebih selama 30 hari.

4. Scrub Aloevera

Senyawa aloesin dalam aloevera mampu membantu mengurangi produksi melanin, sehingga membuat kulit bibir kamu jadi lebih cerah. Caranya juga ngga kalah simpel loh, berikut langkah-langkahnya :

  • Oleskan aloevera gel pada bibir.
  • Setelah kering, bilas dengan air hangat.

Agar mendapat hasil yang maksimal, lakukan secara rutin sekali sehari.

Semua cara di atas menggunakan bahan alami, dan tentunya mudah diperoleh di sekitar tempat tinggal kamu. Selain itu cara menggunakannya juga praktis sehingga bisa dilakukan di rumah saat waktu senggang. So, no ribet bin mahal dong yaa buat stay healthy and beautiful. Selamat mencoba Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrinam STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *