Kenapa Cokelat Bisa Jadi Mood-booster ya?

Hai Teman Sehat, sebagian besar dari kamu pasti suka banget sama berbagai macam cokelat, mulai dari yang murni seperti dark-chocolate sampai yang sudah diberikan varian rasa, seperti milk chocolate, green tea, white chocolate atau variasi lainnya.

Ngga cuma rasanya yang manis, produk olahan ini juga bisa mengembalikan mood yang lagi jelek bagi si pengkonsumsinya loh! Kok bisa? Yuk simak penjelasan berikut!

Hubungan cokelat dengan mood

Cokelat mengandung sejumlah zat yang memberikan kontribusi dalam meningkatkan perasaan sensasi menyenangkan bagi pengkonsumsinya. Kandungan zat ini disebut psychoactive, yaitu zat yang bisa merangsang kerja otak.

Contohnya, kandungan lemaknya bisa menstimulasi tubuh untuk menghasilkan perasaan euforia (perasaan nyaman atau perasaan bahagia) pada saraf otak. Susan dalam tulisannya membuktikan bahwa ketika seorang perempuan dalam masa menstruasi dan mengkonsumsi produk ini, bisa meningkatkan mood-nya.

Kandungan dan manfaatnya

  • Dark chocolate mengandung zat gizi mikro, seperti magnesium (Mg) dan sejumlah mineral yang bisa meringankan gejala PMS termasuk kram perut, mudah lelah, dan mudah marah
  • Cokelat juga mengandung senyawa polifenol  atau golongan antioksidan, khususnya flavonoid seperti katekin, epikatekin, dan prosianidin yang bisa membantu sistem peredaran darah, sehingga meningkatkan aliran darah dan menjaga elastisitas serta fleksibilitas pembuluh darah di dalam tubuh
  • Pada uji coba yang dilakukan, senyawa antioksidan pada biji cokelat memiliki efek anti inflamasi (anti peradangan), sehingga bisa meningkatkan aliran darah ke otak dan megurangi peradangan.
  • Cokelat juga tergolong pangan fungsional yang zat gizinya bisa meningkatkan kesehatan bagi yang mengonsumsinya

Dampak negatifnya

Teman Sehat, ternyata memang sesuatu yang berlebihan ngga boleh dilakukan, begitupun dengan mengonsumsi cokelat. Kandungan zat phenethylamine (PEA) yang menyerupai amphetamine dan asam amino tiramin yang tergolong zat psychoactive, yang jika dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung sehingga kamu bisa merasakan mual dan sakit kepala. Bahkan konsumsi yang berlebihan, bisa meningkatkan kecemasan dan emosi.

So, buat Teman Sehat bisa coba sendiri deh kalo mood lagi jelek coba konsumsi cokelat. Tapi ingat ya, kalori pada produk olahan ini cukup tinggi, jadi jangan mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *