5 Hal yang Harus Kamu Tau tentang Cantengan

cantengan

Halo Teman Sehat! Pernah merasakan nyeri di ujung atau pinggir kuku yang lama kelamaan membengkak dan bernanah? Nah, bisa jadi Teman Sehat mengalami cantengan tuh, atau kalau dalam bahasa medis bernama Paronychia. Pasti ngga nyaman banget kan? Udah wujudnya jelek, nyeri, bau, bahkan terkadang sampai menimbulkan nanah.

By the way, Teman Sehat ngerti ngga sih apa itu cantengan dan bagaimana mengatasinya? Biar penanganannya ngga asal, yuk simak 5 (lima) hal yang harus kamu ketahui tentang Cantengan berdasarkan jurnal American Family Physician:

1. Cantengan disebabkan oleh bakteri atau jamur

Teman Sehat pasti bisa menandai kalau hal ini biasa muncul setelah kita memotong kuku terlalu dalam, mencabut kulit di sekitar kuku, atau memiliki luka di daerah tersebut. Yups, beberapa hal tersebut lah yang menyebabkan bakteri ataupun jamur menginfeksi kuku kita.

Bakteri yang paling sering ditemukan antara lain Staphylococcus aureus, golongan streptococci dan pseudomonas. Biasanya infeksi bakteri menyebabkan cantengan akut yang waktu normal sembuhnya antara 5-10 hari. Sedangkan yang dari golongan jamur paling banyak adalah Candica albicans. Jenis cantengan ini biasanya muncul pada kasus kronis, yakni yang masa sembuhnya bisa lebih dari 6 bulan dan biasanya mengenai semua ruas jari yang terkena.

2. Cantengan banyak terjadi pada beberapa profesi

Meskipun siapa saja dapat terinfeksi, tapi ada beberapa profesi yang paling rawan terkena penyakit ini loh, khususnya cantengan kronis. Yang paling sering terkena adalah orang yang bekerja di lingkungan lembab atau pekerjaan yang mengharuskan untuk menyentuh atau terpapar air dengan kandungan iritan atau alkali berulang-ulang. Contohnya adalah bartender, pembantu rumah tangga, tukang, pencuci piring, dan perenang. Selain itu, orang yang memiliki penyakit diabetes atau daya tahan tubuh rendah juga dapat terinfeksi loh. Jadi, kalau Teman Sehat termasuk kategori orang-orang tersebut selalu waspada ya!

3. Rendaman air hangat bisa jadi solusi

kuku cantik

Jika cantengannya masih sangat awal dan belum sampai membentuk nanah, Teman Sehat bisa mencegahnya agar tidak menjadi lebih parah dengan rendaman air hangat. Durasinya selama 15 menit, sebanyak 3-4 kali sehari. Untuk mencegah infeksi, Teman Sehat juga dapat mencampurnya dengan sabun anti bakteri. Menurut pengalaman penulis, rendaman air hangat ini juga dapat mengurangi nyeri loh. Tapi pastikan air untuk merendam bersih ya.. agar cantengannya tidak bertambah parah.

4. Jika parah, harus dioperasi!

Kalau cantengan Teman Sehat sudah benar-benar parah dan sangat mengganggu, ada baiknya segera pergi ke dokter untuk dilakukan operasi. Operasinya bukan operasi besar kok, hanya membutuhkan bius lokal untuk mengeluarkan nanah dan memotong kuku yang sekiranya menyebabkan cantengan bertambah parah. Setelah nanahnya dikeluarkan, kaki Teman Sehat akan diperban dengan kasa. Setelah itu, dokter biasanya akan memberi resep obat anti-biotik. Oh iya, perbannya jangan sampai terkena air ya. Nanti setelah 24-48 jam, perban akan dibuka dan Teman Sehat akan disarankan untuk mulai melakukan terapi rendaman seperti No. 3 tapi tanpa sabun anti-bakteri.

5. Cegah dengan merawat kuku

potong-kuku

Baik yang sudah pernah cantengan dan sembuh, maupun yang belum pernah cantengan, yuk jaga kesehatan kuku kita. Caranya dengan rutin membersihkan kuku, tidak memotong kuku terlalu dalam, dan menghindari beraktivitas terlalu lama di air. Kalau itu adalah tuntutan pekerjaan, usahakan pakai pelindung dan harus lebih rajin membersihkan ya…

Itulah kelima fakta tentang cantengan atau paronychia yang harus Teman Sehat ketahui. Bagaimana pendapatmu? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *