Kamu Ngga Mau Punya Perut Buncit Kan? Yuk Cek dengan Cara Ini!

cara-mengecilkan-perut-buncit

Halo Teman Sehat! Perut buncit emang bikin kita nggak pede! Susah untuk pilih pakaian yang pas, penampilan juga kurang oke, dan jadi nggak pede deh sama diri sendiri. Eits! Tapi dibalik itu semua, perut buncit ternyata jauh lebih berbahaya daripada kelihatannya loh.

Sebenarnya kelebihan lemak di bagian tubuh manapun emang buruk untuk kesehatan. Tapi, menurut berbagai penelitian, kelebihan lemak yang kejadiannya di perut itu adalah worst of the worst!

Kenapa? Tumpukan lemak di perut yang bikin kamu buncit itu ada 2 jenis:

1. Lemak yang persis ada di bawah kulit kamu atau lemak subkutan, sifatnya sama kaya lemak di bawah kulit bagian tubuh lainnya. Yang mana kalau kelebihan juga nggak baik.

2. lemak yang menyelubungi organ di perut kamu atau lemak viseral. Sel lemak viseral yang beredar melalui darah menumpuk di liver dan memicu liver mengeluarkan asam lemak yang jauh lebih banyak ke peredaran darah. Organ tubuh lain kaya pankreas dan jantung ikut terganggu yang akhirnya menyebabkan gangguan produksi insulin dan kolesterol tinggi yang menjadi sebab utama penyakit diabetes dan jantung koroner. Hiiii, serem ya..

visceral-fat

Tapi jangan khawatir ya Teman Sehat! Mumpung masih muda dan sehat, banyak banget hal yang bisa kita lakuin agar terhindar dari perut buncit dan penyakit penyertanya.

Selain menjaga pola makan sehat dan bergizi seimbang dan rajin beraktivitas fisik, penting juga untuk tau cara mendeteksi dini kebuncitan yaitu dengan menghitung Rasio Lingkar Pinggang dan Panggul. Siapkan tali ukur, bisa juga Teman Sehat pakai meteran jahit.

Pakai pakaian seminim mungkin, agar pengukuran lebih akurat, kemudian ukur lingkar pinggangmu dengan melingkarkan tali di sekitar pusar

Image result

Lanjutkan ukur lingkar panggulmu dengan melingkarkan tali di bagian pantat yang paling menonjol

Image result

Lalu hitung! Bagi hasil pengukuran pinggang dibagi panggul.

Teman Sehat dianggap buncit dan lebih berisiko mengalami penyakit jantung koroner kalau lebih dari 0,85 untuk perempuan dan 0,95 untuk laki-laki.

Selamat mencoba di rumah ya Teman Sehat! Jangan lupa dibarengi dengan membatasi konsumsi makanan berlemak terutama goreng-gorengan dan perbanyak konsumsi buah dan sayur. (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *