5 Jenis Diet Unik yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

diet unik

Halo Teman Sehat! Pasti kamu udah sering denger istilah ‘diet’ kan? Yup, misalnya diet mayo atau diet DASH yang paling hits.

Tapi, taukah kamu definisi diet? Diet adalah pengaturan pola makan tertentu sesuai keadaan tubuh untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal.

Apakah kalian sedang menjalani diet penurunan berat badan? Atau mungkin diet-diet lainnya yang lazim ada di masyarakat? Ternyata banyak negara memiliki pola makan atau diet yang unik loh. Ada apa aja sih? Yuk, coba simak!

1. Sarapan dengan pisang, Jepang

banana-614090_640

Tahun 2008, seorang apoteker berusaha untuk menurunkan berat badan suaminya dengan memberikan sebuah pisang dan segelas air setiap sarapan, sedangkan makan siang dan malam boleh apa saja. Mengejutkan, si suami tersebut dapat menurunkan 37 pounds berat badannya. Hal ini kemudian menjadi tren di masyarakat, supermarket di Jepang pun sering kehabisan pisang sebelum siang dan harus mengimpor lebih banyak lagi. Tapi, apakah sarapan dengan pisang saja cukup?

Sarapan seharusnya memenuhi kebutuhan 25-30% dari Energi kita. Jadi, pisang aja ngga cukup! Kamu butuh lauk hewani, lauk nabati, dan sayuran juga pas sarapan!

2. Diet serba Daging, Eskimo

daging

Konsumsi daging berlebihan tentu tidak sehat, meningkatkan kolesterol, menimbulkan konstipasi, dll. Namun sebaliknya, pada masyarakat yang hidup di sekitaran Kutub Utara, konsumsi protein hewani sangat tinggi dan menjadi kebiasaan sehari-hari. Penelitian untuk melihat hubungan pola makan ini dengan berbagai dampak kesehatan terus dilakukan hingga saat ini.

3. Diet air

Cara Diet Air Putih

Teman Sehat pernah mendengar atau mencoba? Seperti yang dijelaskan oleh Today Health and Wellness, orang yang menerapkan diet unik ini tidak makan dan hanya minum air, ekstrem! Beberapa memperbolehkan konsumsi sayur dan buah seperti apel. Tapi, yang harus Teman Sehat ingat, tubuh kita butuh bermacam-macam zat gizi dan air tidak mampu memenuhinya.

4. Kangatarianism, Australia

kangaroo-meat

Diet unik ini melarang semua konsumsi daging kecuali daging kanguru. Dieters berpendapat konsumsi daging kanguru lebih ramah lingkungan karena memproduksi gas rumah kaca yang lebih sedikit. Bahkan, diet ini merupakan salah satu cara untuk menekan kasus obesitas di Australia.

5. Diet anak, Amerika

diet-untuk-anak-obesitas

Dalam rangka menurunkan berat badan, selebriti Hollywood menerapkan pola makan seperti anak kecil. Mereka hanya mengkonsumsi bubur wortel, pisang yang dilumatkan, serta buah dan sayuran. Hal ini dianggap mampu membatasi porsi makan sehingga dapat menurunkan berat badan.

Teman Sehat tertarik untuk menerapkan salah satu diet unik di atas? Jangan terburu-buru! Kenali dulu kondisi tubuh masing-masing dan identifikasi kebutuhannya. Jangan lupa konsultasikan ke ahli gizi jika Teman Sehat bingung mengenai diet tertentu atau ketik pertanyaan di kolom di bawah ini. Ayo hidup sehat! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *