5 Tahap Merawat Wajah untuk Laki-laki

Siapa bilang perawatan wajah hanya berlaku untuk perempuan saja? Meskipun kamu laki-laki, kamu juga perlu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit, loh! Hal tersebut dikarenakan permasalahan kulit wajah itu bisa dialami oleh siapa saja dan ngga memandang gender.

Tapi, terkadang laki-laki cenderung malas dan menganggap perawatan wajah menjadi hal yang rumit. Eits, tapi ngga perlu khawatir, 5 tahapan sederhana ini bisa membantu kamu menjaga kesehatan kulit!

merawat kulit wajah untuk laki-laki
Foto: Pexels.com

1. Membersihkah Wajah

Membersihkan wajah merupakan tahapan paling dasar untuk merawat kulit. Sama halnya dengan kulit badan, kulit wajah yang ngga dibersihkan bisa menyebabkan minyak dan kotoran menumpuk dalam pori-pori kulit. Hal ini menjadi sumber penyebab berbagai permesalahan kulit seperti jerawat.

Gunakanlah pembersih wajah yang ringan dan ngga membuat kulit kering secara rutin saat bangun dan hendak tidur. Jadi, kulit akan bersih dan terjaga dengan baik dari bakteri yang menganggu.

2. Mengoleskan Pelembab

Selain mencuci wajah, memberikan pelembab juga akan membantu mengurangi kulit kering dan produksi minyak berlebih. Rutin mengoleskan pelembab bisa mengurangi terbentuknya kerutan pada kulit dan supaya kulit semakin sehat jangan lupa untuk menjaga hidrasi tubuh dengan meminum air mineral.

3. Gunakan Sunscreen

Mengoleskan sunscreen atau tabir surya minimal ber-SPF 30 akan membantu menjaga kulit dari teriknya paparan sinar matahari. Tekstur wajah bisa mengalami kerusakan jika kamu melupakan tahapan ini. Pastikan kamu sudah mengoleskan sunscreen 15 menit sebelum keluar rumah supaya sudah terserap dengan baik.

4. Melakukan Eksfoliasi

Proses ini juga penting dilakukan untuk menghindari tertumpuknya kotoran dan sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan berbagai gangguan pada kulit wajah. Nah, tahapan yang ini ngga perlu dilakukan setiap hari dan sebaiknya dilakukan seminggu sekali dengan scrub yang lembut. Tahapan ini bisa membuat kulit terasa lebih halus dan menghilangkan kulit kusam. Gunakan scrub berbasis krim atau gel untuk menghindari iritasi.

merawat kulit wajah untuk laki-laki
Foto: Pexels.com

5. Mencukur Wajah

Mencukur wajah termasuk salah satu rutinitas perawatan wajah yang bisa dilakukan. Berikut ini tahapannya :

  1. Lembabkan kulit dengan air
  2. Oleskan krim cukur yang bersifat melembapkan
  3. Cukur searah dengan pertumbuhan rambut
  4. Bilas dengan air

Selain itu, jangan lupa untuk mengganti pisau cukup usai 5 hingga 7 kali penggunaan. Setelah bercukur sebaiknya oleskan salep atau krim yang bersifat melembabkan kulit, sehingga kulit ngga menjadi iritasi.

Sahabat Sehat, itulah tahap perawatan wajah untuk dilakukan oleh laki-laki secara rutin. Jangan lupa gunakan produk yang aman tanpa kandungan zat berbahaya supaya kulit kamu semakin sehat, ya!

Referensi

TNN. 2018. “7 Facial Care Tips for Men”. https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/beauty/4-facial-care-tips-for-men/articleshow/31277382.cms, diakses pada 5 Juli 2021 pukul 10.00.
Chesak, Jennifer. 2019. “The Effortless Man’s Guide to Basic Skin Care”. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/male-skin-care-guide, diakses pada 5 Juli 2021 pukul 10.10.
Fletcher, Jenna. 2020. “What are The Best Skin Care Routines for Men?”. https://www.medicalnewstoday.com/articles/best-skin-care-routine-men, diakses pada 5 Juli 2021 pukul 10.15.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.