5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Selama Hamil!

Teman Sehat, menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting, loh bagi setiap orang apalagi untuk ibu hamil (bumil). Tahukah kamu? Ternyata beberapa bumil mengalami pembengkakan dan sakit pada gusinya.

Salah satu penyebabnya yaitu menumpuknya plak pada gigi. Selain itu, perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan, juga bisa membuat gusi lebih rentan terkena plak dan radang. Lalu gimana ya, cara merawat gigi yang baik selama hamil? Yuk, simak tipsnya di sini!

Inilah tipsnya

Selama masa kehamilan, ngga cuma makanan atau emosi bumil aja yang harus kamu jaga, tapi kesehatan gigi juga perlu diperhatikan, loh! Saat hamil, pergilah ke dokter gigi untuk memantau kondisi gigi dan gusi kamu.

Jika kamu memiliki keluhan pada gigi selama kehamilan, maka dokter akan memberikan saran dan cara terbaik untuk menjaga gigi tetap bersih dan sehat, tanpa mengganggu kehamilan kamu. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, yuk rawat kesehatan mulut dan gigi di rumah dengan 6 tips ini, so lets check it out!

  1. Bersihkan gigi dengan perlahan, sebanyak 2 kali sehari selama kurang lebih 2 menit. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya gesekan yang mengakibatkan luka pada gusi. Ingat ya, jangan terlalu kencang juga saat menggosoknya!
  2. Gunakan sikat gigi berkepala kecil dengan bulu sikat yang lembut dan pastikan nyaman dipegang. Hal ini dilakukan untuk memperkecil kemungkinan untuk terjadinya radang gusi.
  3. Kurangi konsumsi minuman dengan kadar gula tinggi, karena akan membuat gigi mudah berlubang. Jika gigi berlubang, maka rasa nyeri yang dirasakan ngga bisa dikurangi dengan mengonsumsi obat. Jadi, kurangi konsumsi makanan yang manis, ya!
  4. Hindari obat kumur yang mengandung alkohol. Obat kumur yang mengandung alkohol akan menyebabkan dehidrasi dan merusak keseimbangan bakteri alami dalam mulut.
  5. Jika kamu mengalami morning sickness dan muntah, berkumurlah dengan air putih. Hal ini akan membantu mencegah asam dalam muntahan menyerang gigi. Selain itu, jangan langsung menggosok gigi, karena gigi akan dilunakkan oleh asam dalam perut. So, kamu perlu menunggu sekitar 1 jam sebelum menggosok gigi.

Oh iya, jika memerlukan X-ray gigi, pastikan dokter gigi mengetahui bahwa kamu sedang hamil. Selain itu, diskusikan dengan dokter gigi jika kamu menggunakan tambalan gigi, agar dokter bisa memeriksa kondisi tambalannya.

Teman Sehat, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada saat hamil. Yuk, jaga kesehatan gigi dan mulut, supaya tetap sehat selama kehamilan!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *