3 Faktor yang Memengaruhi Kebiasaan Sarapan

Teman Sehat, kamu tahu kan pentingnya sarapan sebelum beraktivitas? Yap, selain memberikan kamu energi untuk beraktivitas, ternyata sarapan juga mendukung perkembangan otak dan zat gizi bagi tubuh, terutama bagi anak – anak sekolah, loh!

Beberapa penelitian sudah banyak menyebutkan, bahwa sarapan pagi memiliki beberapa manfaat seperti meningkatkan daya tahan terhadap stress, daya ingat dan sebagainya. Oh iya, ternyata ada tiga faktor loh,  yang memengaruhi aktivitas sarapan kamu. Mau tahu apa aja? So, let’s check it out!

1. Jenis kelamin

Kamu tahu ngga sih? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Sylga, seseorang dengan jenis kelamin laki – laki lebih sering untuk sarapan pagi dibandingkan dengan perempuan. Hal ini dikarenakan, anak perempuan cenderung memperhatikan makanan yang dikonsumsi, karena takut tubuhnya menjadi gemuk. Sehingga, anak perempuan lebih memilih ngga sarapan. Alasan lainnya yaitu karena ngga terbiasa dengan sarapan, malas, dan takut terlambat ke sekolah.

2. Pekerjaan seorang ibu

Pekerjaan seorang ibu, juga mempengaruhi tersedianya menu sarapan di pagi hari. Jika dibandingan dengan ibu yang ngga bekerja atau ibu rumah tangga, lebih cenderung memiliki waktu yang cukup banyak untuk menyiapkan sarapan dibandingkan dengan ibu yang bekerja. Hal ini dikarenakan kurangnya waktu ibu untuk menyiapkan sarapan di pagi hari.

3. Adanya kebiasaan sarapan dalam keluarga

Dalam hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kebiasaan sarapan dalam keluarga bisa membentuk kebiasaan sarapan anak. Hal ini disebabkan karena seorang anak cenderung akan menerapkan kebiasaan yang sama dengan orang tua mereka.

Sehingga orang tua harus memberikan contoh yang baik pada anak agar mereka bisa mengikuti kebiasaan sarapan yang sudah terbentuk. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, remaja yang kurang mendapat dorongan dari orang tuanya untuk makan sehat, cenderung ngga melakukan sarapan dibandingkan dengan anak yang sering diberi dorongan oleh orang tuanya.

So, sebaiknya seperti apa ya, sarapan yang baik? Tentunya sarapan yang dianjurkan  yaitu tinggi protein, serat, dan rendah lemak. Konsumsi tinggi protein dan serat bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Jangan lupa, konsumsi karbohidrat karena zat  ini berfungsi untuk menghasilkan energi, sehingga bisa membuat pikiran menjadi lebih fokus.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *