7 Kopi Asli Indonesia yang Hits Banget!

Halo Teman Sehat! Apakah kamu pecita kopi?

kopi asli indonesia

Bagi kaum urban, kopi mungkin sudah menjadi teman setia di segala suasana. Kopi biasa menemani kita saat kita harus begadang ngerjain deadline yang rasanya ngga kelar-kelas itu! *curhat

Kopi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Kopi juga bisa jadi penyelamat dari mati gaya kalau kita sendirian di mall.

Tapi, tahu ngga sih? Ternyata ada beberapa kopi hits yang asalnya dari Indonesia! Apa aja sih? Yuk kita lihat kopi asli Indonesia berikut ini

1. Kopi luwak

kopi luwak

Kopi ini merupakan salah satu kopi TERMAHAL di dunia lho. Kopi luwak terkenal karena prosesnya yang cukup unik karena terlebih dahulu dimakan oleh luwak. Setelah dicerna getahnya, biji kopi dikeluarkan kembali oleh luwak secara utuh, kemudian baru dilakukan pengolahan. Kopi luwak dikenal dengan rasanya yang eksotis dan lembut dengan aroma karamel dan kakao, hal ini membuat kopi luwak terekenal di seluruh dunia.

2. Kopi wamena

kopi wamena

Kopi organik yang termasuk jenis Arabica ini merupakan kopi asli dari Papua. Kopi ini biasanya tumbuh pada dataran tinggi nan sejuk. Kopi wamena terkenal dengan aroma yang harum dan kadar asam yang rendah. Tidak hanya itu, kopi ini juga memiliki ampas yang sedikit dan aftertaste  yang manis.

3. Kopi lanang

Sesuai dengan namanya, “lanang”, yang berarti “lelaki” dalam bahawa Jawa, kopi ini berasal dari Jawa Timur.  Nama laang diberikan mengingat biji kopinya yang bulat tunggal dan tidak terbelah seperti kopi lain pada umumnya. Kopi ini dipercaya dapat meningkatkan vitalitas kaum pria karena mengandung senyawa Tribulus Terrestris yang mampu meningkatkan testosteron. Kadar kafein yang tinggi pada kopi ini cocok dikonsumsi oleh kamu yang lagi begadang dikejar deadline. Setelah minum kopi ini, dijamin mata kamu langsung melek-lek!

4. Kopi jawa

Kopi yang cukup terkenal di mancanegara ini merupakan jenis Arabika yang dikenal memiliki aroma rempah alami yang khas. Biji kopi Jawa berbentuk besar dan memiliki kandungan asam yang rendah. Pembuatannya dilakukan melalui proses giling basah sehingga menghasilkan aroma yang kuat. Kopi Toraja

5. Kopi toraja

kopi toraja

Kopi dengan satuan yang cukup berat serta asam yang rendah ini merupakan kopi asli dari Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Ada 2 jenis kopi yang terkenal yaitu Toraja Arabikan dan Toraja Robusta. Uniknya kopi ini dianggap memiliki aroma khas tanah dan hutan yang menjadikannya semakin terkenal. Bahkan di beberapa negara seperti Jepang dan Amerika kopi ini telah dipatenkankan hingga proses pembelian di negara terebut harus melalui perusahaan tertentu.

6. Kopi kintamani

kopi kintamani

Kopi ini asli dari dataran tinggi Kintamani, Bali.  Kopi Kintamani terkenal memiliki cara tumbuh yang unik, yaitu dengan menumpang tumbuh bersama tanaman lain seperti buah dan sayur sehingga menghasilkan rasa unik seperti buah dan sayuran yang beraroma lembut dan manis.

7. Kopi sumatera

Sejarah unik menghiasi asal muasal kopi ini. Konon, biji Kopi jenis Arabika ini adalah “oleh-oleh” dari salah penduduk yang pulang melaksanakan Ibadah Haji. Saat masa penjajahan Belanda, dilakukan tanam paksa kopi ini dari Minangkabau hingga ke daerah Gayo di Aceh. Kopi Sumatera terkenal tidak terlalu pahit, harum, dan gurih.

Nah, itu tadi beberapa kopi asli Indonesia yang gaungnya sudah dikenal di mancanegara. Jangan ngaku pecinta kopi kalau belum kenal kopi khas Indonesia!

Apakah kamu udah pernah cobain salah satu dari kopi asli Indonesia diatas? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *