Amankah Menggunakan Behel bagi Ibu Hamil?

Halo Teman Sehat! Kamu pasti udah ngga asing lagi mendengar kata ‘behel’. Behel merupakan sebuah metode merapikan gigi agar struktur gigi yang sebelumya ngga beraturan menjadi lebih rapih. Pemakaian behel sebenarnya udah dilakukan sejak zaman Romawi kuno loh! Hanya saja orang-orang yang menggunakan behel pada zaman dulu seringkali dipandang sebelah mata karena kurang menarik dan seringkali menjadi bahan olok-olok. Tapi, seiring berjalannya waktu dan inovasi, kawat gigi terlihat lebih menarik, sehingga membuat metode mempercantik diri yang satu ini  bahkan menjadi trend dan fashion.

Amankah penggunaan behel bagi ibu hamil? Pemasangan behel untuk ibu hamil sebetulnya tidak masalah. Namun, beberapa faktor menyebabkan penggunaan behel pada ibu hamil rawan menimbulkan masalah kesehatan, baik bagi ibu maupun janin. Adapun alasan kenapa pemasangan behel pada ibu hamil menjadi berbahaya yaitu:

Resiko kanker pada Janin

Dalam proses pemasangan behel, akan dilakukan tindakan rontgen agar mengetahui kondisi gigi. Tindakan rontgen yang menggunakan sinar x pada ibu hamil sangat berbahaya karena bisa mengganggu pertumbuhan sel-sel yang dibutuhkan oleh tubuh dan beresiko kanker pada janin.

Menyebabkan keguguran

Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil ngga menutup kemungkinan untuk terjadinya infeksi pada gusi. Pertahanan dari serangan infeksi tersebut tubuh juga memproduksi interleukin dan prostaglandin. Prostaglandin dalam tubuh menyebabkan pelebaran pembuluh darah sehingga udara dapat masuk, prostaglandin dalam tubuh menyebabkan efek panas dalam sehingga menyebabkan keguguran pada ibu hamil.

Menyebabkan bayi kekurangan gizi

Pendarahan yang sering dialami oleh ibu hamil sehingga menyebabkan anemia pada ibu akan berdampak pada bayi kekurangan gizi sehingga menyebabkan bayi lahir dengan berat rendah atau prematur. Selain itu, penggunaan behel juga membuat jenis makanan yang bisa dikonsumsi si ibu menjadi terbatas.

Memperburuk kesehatan mulut

Selain proses pemakaian behel pada ibu hamil berisiko tinggi, behel juga membuat si ibu rentan terkena penyakit seperti radang gusi akibat sensitif dengan kandungan yang ada pada behel.

Menyebabkan masalah pencernaan dan alergi

Air liur yang bercampur dengan bahan-bahan behel akan mengganggu sistem pencernaan. Selain itu, bahan yang terkandung pada behel juga bisa menyebabkan alergi.

Nah, itulah informasi mengenai penggunaan behel pada ibu hamil. Jika Teman Sehat berniat untuk melakukan tindakan yang satu ini, alangkah baiknya dikonsultasikan dengan dokter gigi terlebih dahulu untuk mencegah kemungkinan-kemungkinan terburuk di atas.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *