Ayo Olahraga, Bangun Indonesia!

Teman Sehat, seharian kemarin rasanya kamu semangat berolahraga ngga? Atau sisa semangat Asian Games kemarin, masih terasa di tubuh kamu? Yap, ternyata semangat yang kamu rasakan, bertepatan dengan perayaan  perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) , yang dirayakan setiap tanggal 9 September. Kira-kira, apa ya asal – usul perayaan hari ini? Terus tema Haornas tahun ini, apa ya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Asal – usul perayaan Haornas

Jadi, awalnya pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno, untuk menawar benih-benih perpecahan di kalangan masyarakat setelah kemerdekaan Indonesia, maka Bapak Presiden mengusulkan untuk membuat suatu kegiatan yang bisa menyatukan masyarakatnya dan meningkatkan rasa nasionalismenya dengan membuat kegiatan olahraga.

Lalu, Presiden membentuk PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia) yang merupakan organisasi antar negara Jepang dan Indonesia untuk melatih jasmani dan rohani (olahraga). Adanya beberapa masalah terkai politik, menyebabkan Indonesia ngga bisa mengikuti olimpiade di London.

Masalah ini kemudian dibahas pada kongres PORI, Mei 1948, yang menghasiikan kesepakatan buat menyelenggarakan PON (Pekan Olahraga Nasional) dengan semangat Nasionalisme. PON pertama kali, dilaksanakan tanggal 9-12 September 1948. Nah, karena PON dibentuk dengan semangat Nasionalisme, maka sejak saat itulah, penyelenggaraan PON pertama kali diperingati sebagai Haornas.

Tema Haornas tahun ini

Tema Haornas yang digagas tahun ini adalah “Ayo Olahraga Bangun Indonesia”. Menurut Bapak Menteri Pemuda dan Olahraga, Bapak Imam Nahrawai, tema ini mengandung ajakan kepada seluruh masyarakat untuk berolahraga, yang secara ngga langsung juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi membangun Indonesia secara keseluruhan, dengan jiwa (rohani) yang sehat dan raga (jasmani) yang kuat.

Sumber: www.kemenpora.go.id

Dalam pembangunan jasmani, tema olahraga ini bermakna, jika kamu olahraga maka manfaat yang didapatkan adalah tubuh menjadi sehat, bugar dan lebih produktif dengan melaukan 5M (Murah, Mudah, Menarik, Massal, dan Manfaat) dalam kegiatan olahraga. Sedangkan dalam pembangunan rohani, adanya event olahraga antar bangsa yang dilaksanakan, akan menguatkan rasa bangga, nasionalisme, dan Nation braning, pengakuan dunia atas kehebatan Indonesia.

Rangkaian acara Haornas

Acara Haornas, ngga cuma diperingati dengan upacara setiap tahunnya aja, loh! Tapi ada beberapa rangkaian acara yang mengikutinya seperti, pemberian tanda penghargaan kepada tenaga keolahragaan, PemProv, Badan/Lembaga organisasi keolahragaan yang berprestasi di tingkat Nasional, Internasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota.

Kegiatan penunjang, seperti Talkshow yang diadakan oleh Menpora dan para Pemangku kepentingan. Gebyar Haornas (talkshow, lomba, pameran dan seminar olahraga), Liga sepakbola berjenjang, Kirab Obor Asian Para Games di titik ke dua di Ternate, Festival olahraga lansia, dan Puncak Acara peringatan Haornas.

FYI, puncak penghargaan Haornas udah dilaksanakan kemarin, loh! Di Stadion Sepakbola Ternate, yang dihadiri oleh Bapak Menpora, Imam Nahrawi. Dalam kesempatannya, Bapak Imam Nahwrawi mengatakan, acara puncak yang baru pertama kali dilakukan di Luar Pulu Jawa ini, bermakna, agar maeningkatkan partisipasi masyarakat wilayah timur untuk berolahraga dan akan menularkan semangatnya  ke wilyah-wilayah lain.

Yuk, rayakan Haornas dengan  memulai hidup sehat dengan berolahraga! Kemenkes juga menganjurkan kamu buat melakukan GERMAS (Gerakan Masyarakat Sehat) dengan malakukan aktivitas fisik selama 30 menit untuk menunjang kesehatan kAamu!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *