Yuk, Intip Pembuatan Nata de Coco!

Teman Sehat, kamu pasti sudah ngga asing lagi dengan makanan yang satu ini. Yap, makanan pendamping yang selalu ada di menu es apapun, nata de coco. Perlu kamu tahu, kalau makanan ini ternyata terbuat dari proses fermentasi air kelapa maupun sari buah dengan bakteri baik, loh! Lalu, bagaimana ya proses pembuatannya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Bahan yang dibutuhkan

Jika kamu ingin membuat nata de coco, ada dua bahan yang perlu  kamu siapkan, meliputi bahan utama dan bahan pendamping. Bahan utama yang perlu kamu siapkan yaitu, air kelapa atau sari buah (bisa sari buah apa saja), gula pasir, Amonium sulfat (ZA), cuka dan starter nata (bibit bakteri Acetobacter xylinum). Selain itu, bahan pendamping yang perlu kamu siapkan adalah air minum siap konsumsi (AMDK), sirup, zat pewarna food grade, dan pengawet food grade (jika dibutuhkan).

Proses pembuatannya

Membuat nata itu gampang, loh! Kamu cuma perlu mengondisikan larutan bahan yang akan diproses sesuai dengan kondisi lingkungan tumbuhnya bakteri baik ini. Cukupi kondisi lingkungannya dengan mencukupi kebutuhan karbohidrat, asam, serta zat nitrogen (N) dan kalium (K) untuk kecukupan energinya.

Setelah bahan yang diperlukan sudah siap, mulailah dengan memanaskan air kelapa atau sari buah yang ingin digunakan. Hal ini dilakukan untuk mematikan bakteri yang ada di dalam bahan tersebut, kemudian dinginkan.

Setelah didinginkan, tambahkan gula pasir, ZA dan cuka untuk mengondisikan lingkungannya. Diamkan selama minimal 1 hari dan maksimal 4 hari untuk mendapatkan kondisi yang sesuai. Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, suasana asam (pH) yang dibutuhkan untuk membuat nata sekitar 4-5. Kemudian tambahkan starter nata dan lakukan proses fermentasi minimal 7 hari maksimal 14 hari.

Panen nata dengan cara mencucinya menggunakan air siap minum 2-3 kali, kemudian rendam selama satu hari. Setelah itu, potong dan rebus nata. Lalu nata siap dikonsumsi, kamu bisa menambahkan bahan tambahan seperti gula, pewarna atau pengawet jika dibutuhkan.

Bagaimana dengan penggunaan ZA pada pembuatan nata?

Tenang saja, menurut Peraturan Kepala BPOM RI No 7 tahun 2015, penggunaan Ammonium Sulfat atau ZA pada proses pembuatan nata diperbolehkan dengan syarat bahan tersebut food grade (memiliki syarat mutu pangan), digunakan seminimal mungkin sesuai cara produksi dan digunakan dengan tujuan untuk memperkaya nutrisi pada bakteri selama pembuatan nata.

Nah, Teman Sehat mudah kan cara membuatnya? Kamu bisa mempraktikkannya di rumah untuk membuat nata de coco. Bahan yang digunakan merupakan bahan alami dan mudah di dapatkan. So, tungu apalagi? Yuk, olah dan konsumsi produk olahan pangan yang kaya akan serat ini!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *