Edible Packaging: Cara Makan Bebas Sampah

Halo, Teman Sehat! Pernahkah kamu sadar bahwa kamu selalu menghasilkan sampah setelah mengonsumsi makanan? Sampah tersebut bisa berasal dari bungkus makanan, peralatan makan sekali pakai, maupun sisa makanan organik. Faktanya, perkembangan pesat industri pangan menyebabkan ketergantungan tinggi terhadap plastik.

Kini saatnya tren konsumsi pangan diubah menggunakan edible packaging. Penasaran dengan pentingnya edible packaging? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Apa itu edible packaging?

Edible packaging merupakan kemasan makanan atau minuman yang dapat dimakan. Kemasan jenis ini bisa dikonsumsi oleh makhluk hidup tanpa menyebabkan masalah kesehatan, serta mudah diurai oleh bakteri. Edible packaging menjadi solusi alternatif untuk mengurangi produk plastik sintetis. Selain ngga meninggalkan sampah, kemasan jenis ini juga ngga berbahaya bagi lingkungan. Sebab, kemasan jenis ini terbuat dari bahan yang mudah terdegradasi.

Walaupun demikian, edible packaging memiliki beberapa persyaratan agar aman dikonsumsi. Diantaranya, harus mempunyai kualitas sensori yang baik, mampu menahan bahan pangan, kuat, memiliki stabilitas yang tinggi terhadap mikroba, dan harus bebas dari racun dan zat berbahaya lainnya.

Mangapa edible packaging penting? Pasalnya, limbah plastik termasuk dalam sampah yang berbahaya dan sulit dikelola. Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Forum Teknologi, dibutuhkan waktu puluhan bahkan ratusan tahun untuk membuat sampah plastik benar-benar terurai.

Apa saja contohnya?

Teman Sehat, Indonesia ternyata sudah memproduksi jenis kemasan yang bisa dimakan secara mandiri, diantaranya:

yellow and black leaves on water

1. Gelas dari rumput laut

Gelas ini bisa dikonsumsi setelah selesai digunakan. Walaupun demikian, fungsinya  ngga berbeda dengan gelas plastik pada umumnya, loh. Dengan menggunakan menggunakan produk ini, kamu juga bisa membantu petani rumput laut untuk menaikkan sumber pendapatan mereka.

2. Bungkus makanan instan dari rumput laut

Produk lainnya yang berasal dari rumput laut yaitu, bungkus seasoning/bumbu mi  instan. Bungkus bumbu ini dibuat tanpa menggunakan bahan kimia tambahan dan bisa terurai dalam air panas. Jadi, saat hendak membuat mi instan, kamu tinggal menyeduh mi instan dan bumbunya dalam air panas, tanpa kerepotan membuka bungkus bumbunya. Cara ini lebih praktis dan menghemat waktu.

Nah, setelah mengetahui produk bungkus makanan yang dapat dimakan, apakah sekarang kamu tertarik untuk mencobanya? Yuk, kurangi sampah plastik dengan edible packaging! Jangan lupa bagikan informasu menarik ini ke orang-orang di sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *