Boleh Ngga ya, Makan Sebelum Olahraga?

Halo Teman Sehat! Siapa yang di sini setuju kalau sebelum olahraga itu harus makan dulu? Yap, makan sebelum olahraga memang penting, karena kamu butuh energi buat menjaga performa tubuh.

Tapi, bukan berarti kamu boleh makan seenaknya mendekati waktu olahraga, ya! Nanti kamu malah terkena kram perut. Kenapa ya, hal ini bisa terjadi? Lalu kapan ya, waktu yang tepat buat makan sebelum berolahraga? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Makan sebelum olahraga dan kaitannya dengan kram perut  

Kamu pernah dengar ngga? Kalua orangtua melarang makan sebelum pergi berenang? Yap, ternyata larangan itu bukan tanpa alasan, loh! Menurut Eugene Yim, Spesialis Kedokteran Olahraga dari Newport Orthopedic Institute, mengatakan, jika kamu mengonsumsi makanan berat beberapa saat sebelum olahraga,  saluran pencernaan dan otot akan “perang” untuk merebutkan aliran darah. Nah, keadaan inilah yang bisa membuat kamu mengalami kram perut.

Waktu yang tepat buat makan

Tubuh membutuhkan waktu yang tepat, buat mencerna makanan dan mengubahnya menjadi energi, sehingga bisa digunakan saat berolahraga. Untuk latihan yang maksimal, kamu bisa mengonsumsi makanan lengkap (karbohidrat, protein dan lemak), 2-3 jam sebelum berolahraga. Misalkan latihan renang jam 5 sore, maka kamu bisa makan jam 2 atau jam 3 sore.

Dalam kasus tertentu, bisa aja kamu gak sempat mendapatkan asupan dalam 2-3 jam sebelum olahraga—ini bukan bukan berarti ngga boleh makan, ya! Kamu cukup ingat hal ini:

“Semakin dekat waktu makan dengan waktu berolahraga, maka semakin kecil pula porsi makanan yang dikonsumsi”

Selain itu, pilihlah makanan yang mudah dicerna, ya!

Menu makanan yang bisa dipilih

Berikut ini, adalah beberapa contoh menu makanan yang bisa kamu buat di rumah!

1. Jika olahraga dimulai 2-3 jam ke depan

Sandwich (roti gandum, lean meat, selada); Omelet telur, roti gandum panggang, dan 1 cup buah; dan Lean meat, nasi merah, sayuran

2. Olahraga yang dimulai dalam 2 jam

Protein smoothie (terbuat dari susu, bubuk protein, pisang dan campuran buah berry); Sereal gandum dan susu; dan 1 cup oatmeal dengan topping pisang dan kacang almond

3. Jika olahraga dimulai 1 jam atau <1 jam ke depan

Greek yogurt dan buah atau sepotong buah, seperti apel, pisang, jeruk, dan lainnya

Kombinasi karbohidrat dan protein dianjurkan buat dikonsumsi sebelum berolahraga. Lemak juga bisa bermanfaat untuk tambahan energi sebelum berolahraga, tapi harus dikonsumsi setidaknya 2 jam sebelum berolahraga.

Intinya, kamu jangan membiarkan perut dalam keadaan kosong atau begah sebelum berolahraga, ya! Juga jangan berlebihan saat makan sebelum olahraga, agar kalau tujuan olahraga kamu menurunkan berat badan, tujuannya bisa tercapai. Seain itu, jangan lupa buat menjaga kebutuhan air dalam tubuh. Tetap sehat dalam berolahraga ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *