Pentingnya Edukasi Manfaat Susu dan Produk Olahannya

Halo, Teman Sehat! Tim lnisehat.com berkesempatan untuk hadir di acara Temu Ilmiah dan Workshop, dengan tema “Susu dan Produk Olahannya dalam Kaitan Gizi dan Kesehatan”. Acara ini, diselenggarakan oleh MPGKI (Mitra Pangan, Gizi dan Kesehatan Indonesia), yaitu sebuah yayasan yang concern terhadap percepatan dan perbaikan masalah gizi.

Dibuka oleh Bapak Ir Doddy Izwardi, MA selaku Direktur Gizi Kemenkes,  Bapak Doddy menyatakan bahwa, masalah gizi yang terjadi bisa diatasi dengan mengaplikasikan 5 pilar, yaitu komitmennya kepala negara mendukung program kesehatan, mengoptimalkan posyandu sebagai pengedukasi masyarakat, mengkolaborasi peran masing-masing sektor dan pengkolaborasian food security dengan nutrition security.

Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan dari Bapak Benny Kodyat, selaku Ketua pengurus yayasan MPGKI, yang mengatakan bahwa, tema ini diambil karena susu bisa melengkapi kandungan zat gizi, selain dari makanan pokok. Selain itu masyarakat juga perlu tahu manfaat dan beberapa informasi terkini yang berkaitan dengan susu dan kesehatan.

Manfaat Susu

Susu merupakan minuman yang kaya akan zat gizi makro dan mikro yang diperlukan oleh tubuh, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin (A, B kompleks, D, dan E) dan mineral (kalsium, magnesium, fosfor dan seng).

Prof Rindit Pambayun, selaku narasumber dari PATPI (Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia), mengatakan bahwa optimal atau tidaknya manfaat susu bisa yang diserap oleh tubuh, tergantung cara pengolahannya. Jika cara pengolahannya kurang baik, maka manfaat susu yang didapatkan ngga akan optimal.

Selain itu, menurut Prof Hardinsyah, selaku narasumber dari PERGIZI PANGAN Indonesia, asam amino yang terkandung di dalam susu, ikut berperan dalam pencegahan stunting, karena akan berperan dalam pertumbuhan anak. Pemberian susu sejak ibu mulai mengandung hingga anak dewasa, akan memacu pertumbuhan di luar (tinggi badan dan massa otot) dan dari dalam (perkembangan otak).

Perlunya regulasi, edukasi produk susu dan olahannya

Bapak Andrew F. Sputro, selaku perwakilan dari GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia), menyatakan perlu adanya edukasi lebih lanjut dan harmonisasi penggunaan label yang lebih efektif dan efisien, agar masyarakat lebih paham tentang produk yang dikonsumsi, khususnya produk susu dan olahannya.

Hal ini juga selaras dengan pernyataan Ibu Mauizzati P., Apt, Mkes, selaku Direktur Standarisasi Produk Pangan Olahan BPOM. Regulasi yang ditetapkan oleh BPOM bertujuan untuk melindungi masyarakat. Apalagi dengan adanya kasus SKM yang sempat heboh di media, BPOM juga sudah mengklarifiasi kalau SKM merupakan produk turunan susu yang pasti tebuat dari susu.

Banyaknya pandangan yang berbeda di kalangan masyarakat, tentang produk susu dan olahannya. Mulai dari sisi ekonomi, sosial, dan budaya yang kurang sesuai dengan kebudayaan Indonesia. Tapi, jika manfaatnya dijelaskan dengan baik dan benar oleh pihak terkait, maka konsumsi susu akan meningkat dan kebermanfaatannnya akan dirasakan oleh masyarakat, menurut Bapak Risang dari Pakar komunikasi.

Kesepakatan dan rekomendasi

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan pernyataan kesepakatan dan rekomendasi “pentingnya edukasi mengenai manfaat susu dan produk olahannya untuk meningatkan konsumsi susu, demi generasi bangsa yang sehat, tinggi dan berprestasi” oleh lintas sektor, dari GAPMMI, Stikes Binawan, Gerakan Membangun Bangsa, PERGIZI PANGAN Indonesia, Pengurus MPGKI, Direktorat Kesmas, Subdit Kemenperin dan BPOM. Diharapkan pernyataan ini bisa ditindaklanjuti oleh pihak-pihak terkait.

Oh iya, perlu kamu ingat, bahwa susu bukanlah minuman dengan zat gizi yang paling lengkap, sehingga perlu menambah asupan zat gizi lain. Konsumsi bahan pangan yang beragam, akan menambah asupan zat gizi makro dan mikro kamu loh! Yuk, tetap hidup sehat dengan konsumsi makan bervariasi dan lengkapi dengan minum susu setiap hari!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *