Bosan di Rumah saat Musim Hujan? Coba Lakukan Aktivitas Ini Yuk!

Halo Teman Sehat! Selamat menyambut datangnya musim hujan. Musim ini identik dengan kegiatan rumahan, tapi jangan sampai dijadikan ajang untuk malas-malasan. Nah, apakah kamu termasuk orang yang gampang bosan? Jika ya, ngga ada salahnya manfaatkan waktu di musim penghujan ini untuk belajar skill-skill baru di rumah atau sekedar menyalurkan hobi. Yuk cek opsi-opsi di bawah ini!

1. Coba resep masakan baru

Pernah ngga sih kamu merasa tubuh jadi gampang banget lapar pas lagi hujan? Kegiatan mencoba resep masakan baru bisa jadi solusinya nih Teman Sehat! Selain bisa mengenyangkan perut, kamu juga bisa belajar memasak atau sekedar mengenal fungsi-fungsi bumbu dapur. Skill nya jadi nambah kan? Teman Sehat bisa mencoba berbagai resep supaya kegiatan memasak jadi lebih seru. Bermodal streaming di internet, cobalah mengolah bahan-bahan yang ada di kulkas dan membuat variasi hidangan baru.

Selain itu, mengingat persebaran kuman penyakit disaat musim hujan menjadi lebih pesat, alangkah baiknya jika kamu memasak sendiri makanan atau istilahnya home cook. Menurut penelitian dari Wolfson dan Bleich (2013), masakan rumahan dikenal sebagai sarana untuk konsumsi makanan yang lebih sehat. Selain itu, kegiatan memasak juga bagus untuk kesehatan mental. Ya, hitung-hitung selain untuk mengisi waktu luang, juga untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental Teman Sehat!

2. Perawatan kulit

Jika Teman Sehat malas atau ngga punya waktu ke salon, kegiatan merawat kulit tubuh dan wajah bisa jadi cara menyenangkan untuk mengisi waktu luang di musim hujan.  Seperti yang kita tahu, kulit menjadi lebih rentan terhadap bakteri, jamur, dan infeksi di lingkungan yang lembab. Opsi perawatan diri adalah pilihan terbaik yang bisa Teman Sehat lakukan, seperti menggunakan berbagai masker, body cream, lulur tradisional, dan melakukan spa dirumah. Selain untuk menjaga kesehatan kulitmu, kegiatan ini juga bisa membuat kamu menjadi rileks dan bahagia.

3. Membersihkan rumah

Last but not least, musim hujan jangan dijadikan alibi buat malas bersih-bersih ya, Teman Sehat! Justru tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar adalah poin penting untuk menjaga kesehatan disaat musim hujan. Bersihkan bagian rumah yang jarang sekali di jamah seperti ventilasi atau filter AC, karpet, ventilasi udara, dan lain sebagainya. Mengingat saat musim hujan kelembapan udara cenderung tinggi, hal ini harus diantisipasi terutama untuk kesehatan pernafasanmu.

Cek kembali lantai dan dinding, apakah terkena rembesan air hujan. Rembesan pada dinding perlu diwaspadai karena berpotensi ditumbuhi jamur. Dalam Chunduri (2014), musim hujan menjadi kondisi yang baik bagi pertumbuhan jamur di lantai dan dinding bangunan yang disebabkan oleh kebocoran pipa dan rembesan air. Jamur dan mikotoksinnya akan menyebabkan persebaran spora di udara dan dapat menyebabkan alergi kulit, sinusitis alergi jamur, asma, dan lain sebagainya. Bahaya banget kan? Selain itu, jangan lupa cek tempat-tempat yang berpotensi digenangi air seperti nampan pot bunga. Genangan air ini bisa menjadi sarang jentik-jentik dan sumber penyakit.

Nah, dengan tiga pilihan di atas, kegiatan di musim penghujan Teman Sehat akan lebih bermanfaat. Jika punya opsi kegiatan lainnya, boleh banget di share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *