5 Fakta tentang Rambut Beruban yang harus Kamu Tau

Halo Teman Sehat! Apakah kamu pernah memiliki rambut beruban padahal belum tergolong lansia? Benar ngga sih memiliki rambut beruban berarti telah mengalami penuaan? Nah, ada beberapa hal yang perlu Teman Sehat ketahui tentang fenomena ubanan.

Yuk simak fakta menarik mengenai rambut beruban!

1. Rambut beruban disebabkan penuaan

Ternyata benar ya Teman Sehat kalau rambut beruban merupakan salah satu tanda penuaan. Sel-sel kulit kita menghasilkan sejumlah kecil hidrogen peroksida sebagai bagian dari siklus oksigen di tubuh. Senyawa kimia ini adalah radikal bebas yang harus dipecah oleh enzim katalase dan dibuang oleh tubuh kita. Penuaan menyebabkan produksi enzim katalase berkurang sehingga hidrogen peroksida berakumulasi dan menganggu produksi melanin (pigmen warna).

Tapi, stay cool ya Teman Sehat karena bukan berarti lebih cepat memiliki rambut beruban jadi lebih cepat menua. Sebagai contoh para pendekar kungfu di film mandarin yang rambutnya sudah memutih semua tetapi masih tangkas bersilat, jadi kamu ngga usah khawatir vitalitas tubuh menurun karena rambut dipenuhi uban ya!

2. Mencabut uban tidak menyebakannya tumbuh lebih banyak

“Awas jangan keseringan nyabut uban nanti tambah banyak loh ubannya!”

Pasti ngga sedikit dari Teman Sehat yang mendengar atau mengatakan hal ini kepada orang lain. Tapi, sebenarnya mencabut rambut beruban tidak akan membuatnya tumbuh lebih banyak. Yang biasanya terjadi adalah rambut beruban sudah memiliki banyak tunas-tunas baru sehingga meskipun induknya dicabut, tunas-tunas tersebut akan terus tumbuh.

3. Stres mempercepat rambut beruban

Saat sekolah dulu atau bahkan sampai sekarang pasti Teman Sehat sering menemukan satu atau beberapa uban di antara rambut-rambut hitam.  Kira-kira apa sih penyebabnya? Yap, stres! Hormon stres dapat mempengaruhi kelangsungan hidup dan aktivitas melanosit. Seseorang yang mengalami stres berkepanjangan dapat memiliki rambut yang beruban dengan cepat. Jadi, kurangi stres berlebihan jika tidak ingin rambut kamu berubah lebih cepat ya!

4. Rambut beruban akibat kurang gizi

Teman Sehat udah cek status gizi? Kalau belum ayo segera dicek! Jika seseorang masuk dalam  kategori malnutrisi maka ia lebih beresiko memiliki rambut beruban loh! Malnutrisi karena kekurangan asupan gizi atau penyakit parah juga bisa mengurangi produksi melanin. Perubahan warna rambut karena malnutrisi biasanya bersifat reversibel alias bisa diperbaiki. Jika Teman Sehat sigap mengoreksi keadaan ini,maka warna rambut dapat kembali normal.

5. Kecenderungan beruban dipengaruhi faktor keturunan

Gen berperan dalam menyebabkan pertumbuhan uban lebih banyak dibandingkan dengan orang lain yang seusia. Jika rambut ayah atau kakek Teman Sehat mulai beruban di usia tiga puluhan, kemungkinan kamu juga akan demikian. Laki-laki lebih cepat beruban dibandingkan dengan perempuan loh! Helai rambut akan berubah warna menjadi keperakan pertama biasanya muncul di sekitar usia 30 tahun pada laki-laki dan usia 35 tahun pada perempuan.

Nah, itu kira-kira fakta tentang uban yang perlu Teman Sehat ketahui. Ingat Teman Sehat, rambut beruban mungkin menjadi tanda tubuh mulai menua namun tidak untuk jiwa dan pikiran yang terus muda karena badan sehat berawal dari pikiran yang sehat.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

 

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *