Cantik Alami dengan Mengonsumsi 5 Zat Gizi ini!

Teman Sehat, siapa sih yang ngga mau punya kulit yang sehat? Kamu juga pasti punya produk kecantikan atau rutinitas favorit untuk merawat kulit, kan? Tapi, tahukah kamu, kesehatan kulit juga bisa diraih secara alami dari makanan yang dikonsumsi, loh!

Konsumsi buah, sayur, dan makanan lainnya yang mengandung zat gizi tertentu juga bisa membantu memelihara kesehatan kulit dan juga mencegah dari tanda penuaan dini. Mau tahu kandungan zat gizi apa aja yang bisa memelihara cantik alami kamu? Yuk, simak 5 kandungan zat gizi ini!

1. Vitamin C

Asam askorbat atau yang lebih kita kenal sebagai vitamin C merupakan salah satu zat antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Salah satu penelitian yang dilakukan di Amerika membuktikan bahwa konsumsi vitamin C bisa mengurangi risiko timbulnya kulit kering dan keriput pada perempuan seiring dengan bertambahnya usia.

Kekurangan zat gizi ini, selain bisa menyebabkan kulit kering dan kasar, juga bisa menyebabkan rambut rontok. Kamu bisa mendapatkan asupan zat gizi ini ngga cuma dari buah jeruk, loh. Ada banyak bahan pangan lainnya, seperti brokoli, jambu biji, stroberi, bayam, kiwi, cabai, dan daun singkong.

2. Beta karoten

Beta karoten merupakan zat antioksidan yang bisa kamu temukan di berbagai bahan pangan. Zat ini berfungsi sebagai povitamin A, yang nantinya bisa diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Contoh bahan pangan kaya akan beta karoten yaitu labu, mangga, wortel, bayam, dan ubi jalar. Zat gizi ini bisa bermanfaat sebagai tabir surya alami. Saat dikonsumsi, beta karoten akan masuk ke dalam kulit dan melindung sel-sel kulit dari paparan sinar matahari, sehingga bisa mencegah kulit terbakar, kering, kematian sel, hingga keriput.

3. Vitamin E

Vitamin E sangat dikenal dengan manfaatnya untuk menjaga kesehatan kulit, sehingga banyak bermunculan produk suplemen ini di pasaran. Padahal memperoleh bahan pangan yang mengandung sumber vitamin E ngga sulit, loh. Ada banyak bahan makanan disekitar kamu yang mengandung zat gizi ini, seperti alpukat, kacang-kacangan, biji bunga matahari dan minyaknya, kacang almond, siput, mangga, brokoli, udang, kedelai, dan bayam.

4. Flavonoid

Biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber zat antioksidan lainnya jenis flavonoid. Zat gizi ini bisa membantu mempercepat regenerasi kulit dan menangkal radikal bebas. Salah satu jenisnya yaitu, asam fitat pada kacang buncis dan kacang merah (13,36-13,38 g/kg);

Senyawa fenolik pada kacang panjang (95,39 mg GAE/100g); dan flavonoid pada kacang hijau (12,79 mg QE/100g). Sedangkan pada biji-bijian contohnya biji bunga matahari/kuaci juga terdapat kadar antioksidan fenolat dan flavonoid yang tinggi, loh.

5. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu menjaga kesehatan kulit. Kekurangan zat gizi ini, bisa menyebabkan kulit kering, sehingga asam lemak omega-3 diperlukan untuk menjaga kulit tetap kenyal dan lembab, serta untuk mengurangi peradangan yang bisa menyebabkan kemerahan pada kulit dan jerawat.

Zat gizi ini bisa kamu temukan pada ikan, seperti salmon, sarden, tenggiri, tuna, kerang, dan beberapa makanan lainnya seperti belut, kacang kenari, dan kacang kedelai. Minyak ikan juga merupakan sumber lemak omega-3, loh!

Gimana Teman Sehat? Sudah tahu kan macam-macam makanan yang bisa membantu mempercantik kulit? Jadi jangan malas mengonsumsi berbagai macam makanan ya. Ingat ya Teman Sehat, kulit yang cantik  adalah kulit yang sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *