Flu saat Liburan? Yuk, Atasi dengan ini!

Halo, Teman Sehat! Gimana liburan panjang akhir tahunnya? Tetap menjaga kesehatan ya, selama liburan. Mengapa? Karena beberapa tahun terakhir ini, cuaca sudah mulai sulit buat ditebak. Terkadang siang hariterasa sangat panas dan sore harinya bisa sangat dingin.

Perubahan cuaca yang ekstrim ini bisa menyebabkan daya tahan tubuh kamu menurun dan mudah sakit. Biasanya penyakit yang paling sering diderita pada kondisi cuaca ini adalah influenza. Kenapa ya, hal ini bisa terjadi? Lalu, gimana agar selama liburan kamu terhindar dari risko penyakit ini? Let’s check it out!

Influenza

Flu atau influenza merupakan penyakit self-limiting, atau penyakit yang kalau ngga disertai dengan penyakit lain, maka setelah 4-7 hari akan sembuh sendiri. Perlu diingat ya, kalau obat flu yang ada dijual bebas cuma untuk meringankan gejala flu, bukan untuk mengatasi penyebabnya (virus). Oleh karena itu, penggunaan obat flu dalam jangka panjang bukanlah hal yang tepat.

Cara alami mengatasi flu

Agar kamu ngga tergantung dengan obat flu, berikut ini ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan buat mengatasi penyakit ini. Yuk, simak!

  • Lebih sering minum, saat flu, tubuh kamu akan mengalami demam. Hal ini adalah normal, karena ini merupakan respon tubuh saat melawan infeksi virus. Demam akan membuat tubuh menjadi dehidrasi, sehingga dengan meminum banyak air, akan meringankan gejalanya.

Selain itu, meminum banyak air akan membantu membawa kuman-kuman yang ada di dalam tubuh keluar melalui urin dan digantikan dengan cairan yang baru. Kalau bosan dengan air mineral, kamu bisa menggantinya dengan minum sari buah atau minuman elektrolit.

  • Beristirahat dan mengurangi kegiatan fisik berlebihan, jika saat liburan kamu merasa ngga enak badan, segeralah beristirahat. Hal ini dilakukan karena, istirahat yang cukup bisa membantu memulihkan sistem daya tahan tubuh, sehingga kamu ngga gampang tertular penyakit ini.
  • Kompres kepala dengan handuk hangat. Salah satu gejala penyakit ini adalah pusing. Jika kepala kamu terasa sakit dan pusing, kompreslah menggunakan handuk hangat untuk mengrangi rasa sakitnya. Jika diperlukan, kamu bisa mengonsumsi obat paracetamol untuk meredakan sakitnya. [sumber: ]
  • Teh herbal untuk mengatasi flu, kamu bisa minum secangkir teh herbal hangat dengan menambahkan madu dan lemon. Selain untuk menambah citarasa, kandungan vitamin dan zat anti kuman yang terdapat di madu dan lemon juga bisa meningkatkan sistem imun kamu, loh!

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan, untuk menghindarkan kamu dari gejala flu. Tetap sehat selama liburan, ya Teman Sehat! Jangan lupa istirahat dan jaga pola makan kamu!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *