Hal-Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Harus Keluar Rumah

Halo Teman Sehat! Bagaimana kabarmu selama #dirumahaja? Ditengah masa pandemi ini, alangkah baiknya jika kita tetap berada dirumah dan meminimalisir pergi-pergi yang ngga perlu. Tapi, ngga dipungkiri kalau ada keadaan-keadaan tertentu yang mengharuskan kamu pergi keluar. Nah, supaya tetap aman, cara-cara berikut perlu kamu ketahui agar tetap sehat dan terlindung dari infeksi virus.

Sebelum keluar rumah

Gunakan masker

Alangkah baiknya jika keluar rumah menggunakan masker. Penggunaan masker sendiri memang lebih ditekankan kepada orang yang sedang sakit dan tenaga medis yang menangani orang sakit. Masker yang banyak digunakan sekarang ini adalah masker disposable (satu kali pakai). Tapi jika ketersediaannya terbatas, Teman Sehat juga bisa menggunakan masker berjenis kain. Dengan memakai masker, kamu bisa terlindungi dari kebiasaan menyentuh wajah.

Menurut WHO, penggunaan masker harus dilakukan dengan benar yaitu:

  • Cucilah tanganmu dengan sabun lebih dulu sebelum menggunakan masker.
  • Tidak boleh terdapat celah antara wajah dengan masker, masker harus menutup mulut dan juga hidung.
  • Menyentuh masker saat menggunakannya harus dihindari, tetapi jika kamu melakukannya maka segeralah untuk cuci tangan dengan sabun.
  • Jika maskermu terasa lembab, segeralah untuk menggantinya. Selain itu, jangan menggunakan kembali atau re-use masker disposable (yang satu kali pakai).

Bawa sabun atau hand sanitizer

Penularan penyakit infeksi biasanya dimulai dari tangan. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga kebersihan tangan dengan sering mencucinya. Jika Teman Sehat yakin bisa menemui sumber air saat keluar rumah, maka bawalah sabun saat keluar rumah. Tap jika ngga yakin, makan hand sanitizer adalah solusinya!

Setelah keluar rumah

Buang masker

Jika kamu keluar rumah menggunakan masker disposable maka kamu harus membuangnya sesegera mungkin. Cara untuk melepas masker menurut WHO adalah dengan:

  • Masker dilepaskan dari belakang dan juga tanpa menyentuh bagian depan dari masker.
  • Buang masker sesegera mungkin kedalam tempat sampah yang tertutup.
  • Segeralah untuk mencuci tangan dengan sabun.

Jika Teman Sehat menggunakan masker kain, segeralah untuk mencuci masker tersebut dengan sabun.

Cuci tangan dan kaki

Segeralah cuci tangan dan kaki sebelum masuk ke dalam rumah. Jika ngga memungkinkan, kamu bisa mengusap tangan dan kaki dengan tisu/tisu basah. Selanjutnya, segeralah mencuci tangan dan kaki dengan benar menggunakan sabun setidaknya selama 20 detik. Selain itu, jangan dulu singgah atau duduk-duduk sebelum tubuh benar-benar bersih ya Teman Sehat!

Bersihkan barang bawaanmu

Barang yang dibawa keluar rumah seperti tas, dompet, handphone, dan lainnya perlu juga bersihkan. Dilansir dari CNN, penyataan terkait dengan corona yang dapat menempel pada benda mati, yaitu terkait dengan penelitian yang dilakukan pada virus corona SARS serta MERS. Jadi, ngga ada salahnya jika Teman Sehat selalu membersihkan benda-benda di sekeliling kita. Kamu bisa membersihkannya dengan desinfektan ataupun tisu yang dibasahi dengan larutan sabun untuk meminimalisir penggunaan desinfektan.

Mandi dan cuci pakaian

Sebisa mungkin segeral mencuci pakaian yang dikenakan untuk keluar rumah. Jika tidak memungkinkan, paling ngga kamu bisa rendam pakaian kotormu dengan air detergen lebih dulu. Selanjutnya, jangan lupa mandi ya!

Nah, sudah tahu ya Teman Sehat apa-apa yang harus dilakukan sebelum dan setelah keluar rumah. Keep safe!

Editor & proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *