Ini Langkah Beberapa Negara Agar Atlet Tidak Sakit di Olimpiade Rio 2016

Halo Teman Sehat!

Selain bertanding melawan rivalnya, atlet-atlet di Olimpiade Rio 2016 juga harus bertanding dengan berbagai risiko kesehatan yang mengancam kebugaran mereka. Isu kesehatan memang jadi perhatian utama di Brazil, sampai-sampai ini membuat beberapa atlet papan atas seperti petenis Milas Raonic, pelompat jauh Greg Rutherford, bahkan pebasket Stephen Curry, mundur dari Olimpiade Rio 2016, sesuatu yang sangat jarang terjadi di Olimpiade sebelumnya. Negara-negara berikut memang tidak ekstrem memulangkan atletnya, tapi tindakan preventif agar atlet tidak sakit berikut patut kita simak!

1. Amerika Serikat

amerika, olimpiade rio

Air di Guanabara Bay yang merupakan venue utama untuk water outdoor sports jadi perhatian utama tim AS. Boathouse Olahraga, produsen untuk seragam tim dayung AS, mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan pakaian anti-mikroba yang seperti kulit kedua untuk mencegah risiko negatif akibat air yang tercemar.

2. Korea Selatan

olimpiade rio, baju korea

Seragam atlet Korea Selatan didesain khusus dengan celana dan baju lengan panjang yang dilapisi anti nyamuk. Pakaian ini akan mengurangi risiko kulit untuk jadi sasaran empuk nyamuk Aedes aegypti yang membawa Zika atau Dengeu.

3. Irlandia

Atlet Irlandia telah diperintahkan untuk pulang segera setelah mereka menyelesaikan perlombaan masing-masing dalam rangka untuk mengurangi risiko negatif Zika dan penyakit lain.

4. Spanyol

Atlet-atlet Spanyol  diwajibkan untuk menggunakan lotion anti nyamuk khusus yang ditengarai memiliki kemampuan terbaik. Tim medis Spanyol sampai menyediakan lebih dari 3.000 botol lotion anti nyamuk yang harus dihabiskan selama Olimpiade Rio berlangsung.

5. Inggris

olimpiade rio

Untuk Inggris, mereka akan menggunakan lantai ketiga dan atau lebih tinggi untuk tempat tinggal para atletnya. Alasan mereka? nyamuk yang menggigit manusia biasanya terbang lebih rendah dari 8 meter di atas permukaan tanah.

Bagaimana dengan kita, Indonesia?

Untuk menghindari virus Zika dan risiko negatif lain akibat gigitan nyamuk, Koh Hendra dan kawan-kawan akan dibekali dengan losion anti nyamuk, semprotan anti nyamuk, kertas tempelan anti nyamuk. Yang unik, kontingen kita juga bawa kelambu ke Olimpiade Rio 2016 untuk dipakai selama atlet tidur di perkampungan atlet. Ntap!

Ada hal lain yang menurut kamu bisa membantu atlet untuk terbebas dari risiko penyakit di Olimpiade Rio 2016? Sampaikan di kolom komentar ya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *