Makanan dan Minuman Pelancar ASI yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Pelancar ASI? Untuk apa kita tau?

Buat kita, calon Ibu dan calon Ayah, sudah harus mulai kepo tentang fase kehidupan selanjutnya nih, yaitu menikah dan punya anak! Betul? Nah, tentang punya anak, pasti ada masanya kamu akan kepo tentang menyusui, ASI, dan semacamnya. Ini nih salah satu info yang bisa kamu simpan sejak sekarang, yaitu bagaimana sih cara memperbanyak ASI?

Kebanyakan orang Indonesia jika ditanya tentang makanan pelancar ASI pasti jawabannya seputar daun katuk, daun bayam, buah-buahan dan jawaban umum lainnya.

Hal tersebut benar, tapi masih banyak loh jenis makanan pelancar ASI lainnya. Mau tau?

Berbagai penelitian telah menunjukan makanan/minuman tertentu dapat meningkatkan produksi ASI. Makanan, herbal, dan obat yang memiliki efek tersebut dikenal dengan istilah galaktogogen. Berikut 5 makanan/minuman yang dapat Teman Sehat jadikan rujukan dan alternatif saat menyusui nanti.

Yoghurt Kurma

yoghurt and dates

Ini merupakan jenis minuman probiotik yang dibuat dengan mengkombinasikan susu fermentasi dengan sari buah kurma. Penelitian menunjukan bahwa kandungan kalsium, zat besi, dan zat-zat lainnya yang terkandung dalam minuman ini memiliki efek yang mirip dengan hormon oksitosin sehingga dapat memperlancar produksi ASI.

Daun Kelor

Pamor daun kelor ternyata tidak hanya sebatas pepatah “Dunia hanya selebar daun kelor” loh Teman Sehat. Daun kelor dapat dikonsumsi sebagai sayuran yang sangat bermanfaat bagi wanita menyusui. Kandungan fitosterol pada daun tersebutlah yang meningkatkan produksi ASI.

Jantung Pisang Batu

Jantung pisang merupakan makanan yang mengandung laktogogum (zat gizi yang dapat memperlancar dan meningkatkan produksi ASI). Sebuah penelitian menunjukan peningkatan rata-rata frekuensi ASI sebesar hampir 2 kali lipat setelah ibu menyusui mengkonsumsi makanan ini. Selain itu, jantung pisang dapat ditemui hampir di seluruh wilayah Indonesia dan dimasak dengan berbagai variasi hidangan yang lezat.

Daun dan Bunga Pepaya

daun pepaya

Sayuran yang satu ini kaya akan Vitamin A dan C yang tinggi antioksidan. Selain itu, bunganya yang berwarna kuning pucat mengandung kalsium dan fospor. Enzim papain yang terdapat di setiap bagian pohon pepaya juga berperan penting dalam pencernaan protein sehingga dapat menghasilkan ASI yang kaya nutrisi.

Air Putih

Wanita menyusui dianjurkan mengkonsumsi air yang banyak (minimal 8 gelas sehari), karena sebagian besar komponen penyusun ASI adalah air. Oleh karena itu, ibu menyusui yang konsumsi airnya sedikit akan membuat produksi ASI nya terbatas.

Ternyata banyak kan, makanan dan minuman di sekitar kita yang bisa meningkatkan produksi ASI? Jadi, Teman Sehat ga perlu khawatir harus mengkonsumsi sayur katuk atau bayam setiap hari saat menyusui. Berbagai alternatif makanan dan minuman di atas dapat dimasukan ke buku resep Teman Sehat nanti saat menyusui. (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

  1. bagus….bagus…oke deh infonya….jadi tambah pengetahuan nehh.. tolong dong info in tentang kista ,,,, ditunggu yaach infonya…makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *