Inilah Manfaat Jagung untuk Kecantikan

Jagung manis memang salah satu makanan favorit yang sekaligus bisa dijadikan beragam olahan. Kandungan zat di dalamnya sangat kompleks dan berguna menyehatkan tubuh. Tapi, tak hanya manis dimakan saja, jagung juga sangat baik untuk perawatan kecantikan. Masker jagung bisa diaplikasikan sebagai perawatan alami. Apakah Sahabat Sehat penasaran? Inilah paket manfaat masker jagung di dunia kecantikan.

manfaat jangung untuk kecantikan
Foto: Pexels.com

Menghilangkan Bekas Jerawat

Kondisi kulit yang berjerawat pasti merupakan masalah yang sering dialami banyak orang. Persoalan jerawat ini ngga boleh diremehkan, terlebih karena bisa menimbulkan bekas di wajah. Jika sedang mengalaminya, kamu tak perlu cemas. Seperti halnya bekas cacar di wajah, masker jagung dapat menjadi solusinya. Masker yang berasal dari jagung manis yang ditumbuk ini sangat membantu memudarkan bekas jerawat. Itu semua karena adanya kandungan vitamin E yang cukup tinggi.

Meredakan Ruam dan Iritasi

Timbulnya ruam dan iritasi juga dapat diatasi dengan mengoleskan masker jagung. Gejala yang timbul berupa panas, gatal, dan nyeri bisa diatasi dengan bahan alami ini. Bahkan, pati jagung sudah digunakan dalam sejumlah produk kosmetik yang aman di kulit. Dengan demikian, khasiatnya ngga diragukan lagi dan mampu mengembalikan kondisi kulit dari gangguan ruam dan iritasi.

Memperbaiki Tekstur Kulit

Salah satu tujuan perawatan kecantikan adalah memperbaiki tekstur kulit. Masker jagung dapat menjadikan kulit wajah bercahaya. Kamu juga bisa sekaligus melakukan pemijatan dengan minyak jagung secara teratur. Dilansir dari lama IDN Times, jagung mengandung vitamin A, C, E, serta likopen yang mampu menjadikan kulit lebih lembab, sehat, halus, dan kencang.

manfaat jagung masis untuk kesehatan kulit
Foto: Freepik.com

Menyehatkan dan Melindungi Kulit

Kesehatan kulit juga menentukan kecantikannya. Jagung manis merupkan sumber betakaroten yang sangat penting untuk menyehatkan kulit. Vitamin C dan likopen yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas serta meningkatkan produksi kolagen. Sementara itu, kandungan asam linoleatnya mampu mencegah timbulnya jerawat serta dapat juga mengobati jerawat.

Mencegah Penuaan Dini

Banyak orang rela melakukan perawatan mahal demi mencegah penuaan dini. Berbagai tanda-tanda penuaan dini bisa diatasi menggunakan masker jagung, karena mengandung beta karoten yang merupakan antioksidan. Perawatan alami ini akan menjadikan kulit lebih awet muda.

Itulah beragam alasan mengapa perawatan alami menggunakan masker jagung sangat disarankan. Pemakaian masker jagung secara rutin dapat meningkatkan khasiat masker jagung. Tapi perlu diperhatikan pula jenis dan kondisi kulit wajahmu, karena efeknya mungkin saja berbeda bagi setiap orang. Bila kamu mengalami iritasi, sebaiknya hentikan penggunaan dan segera konsultasikan ke dokter ya, Sahabat Sehat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Ekawati. 2019. Tidak Hanya Dimakan, Ini 6 Manfaat Jagung untuk Kecantikan. https://www.merdeka.com/gaya/5-manfaat-kecantikan-yang-bisa-didapatkan-dari-jagung-manis.html. Diakses pada 7 Agustus 2021.

Fimela. 2014. 5 Manfaat Jagung Muda untuk Kecantikan Kulit. https://www.fimela.com/beauty/read/3743691/5-manfaat-jagung-muda-untuk-kecantikan-kulit. Diakses pada 7 Agustus 2021.

Setyorini. 2017. 5 Manfaat Kecantikan yang Bisa Didapatkan dari Jagung Manis. https://www.merdeka.com/gaya/5-manfaat-kecantikan-yang-bisa-didapatkan-dari-jagung-manis.html. Diakses pada 7 Agustus 2021.

Our Rating

1.0 Overall Score

1

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.