Yuk, Cegah Penuaan Dini dari Sekarang!

Teman Sehat, pernah ngga saat sedang melihat kaca, kamu melihat ada kerutan halus di wajah atau bahkan uban di rambut? Mungkin akhir-akhir ini kamu sering mengalami stres, pusing, bahkan susah buang air besar? Jangan-jangan, kamu mulai mengalami tanda-tanda penuaan dini, nih. Sebenarnya, apa sih, penuaan dini ini? Bisa ngga ya penuaan dini dicegah? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Kenali penyebab penuaan dini

Penuaan merupakan proses alami di dalam tubuh yang ngga bisa kamu hindari. Biasanya perubahan ini ditandai dengan perubahan sel di dalam tubuh, fisik dan dan psikologis. Proses ini memang terjadi secara alami, tapi berbeda dengan penuaan dini. Penuaan dini merupakan proses penuaan yang terjadi lebih cepat dari yang seharusnya.

  

Dr. Denham Harman dalam tulisannya menyatakan bahwa penuaan bisa terjadi lebih cepat karena dipicu oleh adanya paparan senyawa radikal bebas. Senyawa ini secara alami muncul dari hasil sampingan metabolisme tubuh, maupun dari lingkungan, seperti asap rokok, paparan sinar UV, asap kendaraan, konsumsi alkohol, pola makan yang buruk, dan kurangnya tidur.

Inilah ciri penuaan dini

Nah, seperti apa sih ciri-ciri penuaan dini itu? Yap, menurut tulisan dari Dosen Poltekkes Denpasar, penuaan dini paling jelas terlihat ketika mulai muncul garis-garis halus di kulit wajah pada usia yang relatif muda, terutama usia 20-an dan adanya perubahan pada warna rambut.

Ngga cuma pada kulit, loh! Penuana dini juga bisa terjadi pada organ tubuh lainnya, seperti otak, jantung, sendi, kulit, saluran pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh. Nah karena itulah, seseorang yang mengalami proses ini cenderung akan mudah mengalami stres, sakit kepala, susah buang air besar, badan terasa ngga bugar, dan mudah sakit karena imunitas tubuh menurun.

Lalu gimana ya, cara mencegahnya?

Teman Sehat ngga perlu khawatir, akan ada zat antioksidan yang akan membantu tubuh kamu melawan senyawa radikal bebas. Penyebab utama proses ini adalah penumpukan senyawa radikal bebas di dalam tubuh. Senyawa ini, bisa dinetralisir keberadaannya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang  mengandung zat antioksidan. Nah, komponen zat apa aja yang kamu butuhkan untuk memerangi penuaan dini? Inilah dia:

  • Vitamin-vitamin yang bersifat antioksidan, seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin A. Jenis vitamin ini bisa kamu peroleh dari buah-buahan golongan citrus, sayuran berwarna hijau gelap, kacang-kacangan, telur, hati, dan susu.
  • Komponen senyawa aktif antioksidan, seperti flavonoid dari kacang kedelai, teh hijau dan sebagainya.
  • Beberapa mineral, seperti selenium (Se) yang bisa merangsang kerja enzim antioksidan di dalam tubuh. Zink (Zn) untuk menetralisir senyawa radikal bebas di jaringan kulit. Kamu bisa mendapatkan zat gizi ini dengan mengonsumsi tomat, brokoli, kubis, kacang hijau, biji-bijian, olahan gandum, daging sapi, unggas, susu, dan olahan makanan hasil laut (sea food).

Selain itu, kamu bisa membatasi asupan makanan yang mengandung lemak jahat pada junk food, garam, dan gula. Hal ini akan ‘mengganggu’ kerja metabolisme tubuh, sehingga mengurangi produksi radikal bebas. Sebaliknya, asupan proteinmu juga harus diperhatikan ya, karena protein berfungsi untuk memperbaiki struktur sel tubuh yang telah usang.

Nah, Teman Sehat, jika makanan yang kamu konsumsi benar, maka proses regenerasi sel berjalan dengan lancar. Jika kamu menjaga kesehatan dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat maka, kamu akan terhindar dari yang namanya penuaan dini. So, selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *