Inilah yang Harus Diperhatikan Sebelum Berbelanja di Masa Pandemi!

Halo Teman Sehat! Apakah kamu termasuk orang yang senang mengisi waktu dengan berbelanja? Berbelanja adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh setiap orang, bukan hanya perempuan, laki-laki pun juga melakukan aktivitas belanja. Jika kamu sering berbelanja maka kamu harus tahu beberapa informasi berikut ini, terlebih disaat pandemi seperti sekarang. Yuk, cek!

Pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai telah memengaruhi segala aspek kehidupan. Ngga hanya kesehatan, tetapi juga perilaku gaya hidup dalam berbelanja. Banyaknya pengeluaran dalam masa pandemi ini dikarenakan harus berbelanja kebutuhan dasar, obat-obatan, dan lain-lain. Gimana sih tips yang harus kita ketahui sebelum berbelanja?

Tentukan prioritas

Belanjalah sesuai kebutuhan. Pikirkan dan pertimbangkan barang-barang apa aja yang lagi kamu butuhkan dan harus kamu beli dalam masa pandemi sekarang, buatlah list prioritas apa aja yang harus kamu beli.  Misalnya, di masa sekarang ini school from home (SFH) dan work from home (WFH), tentunya kebutuhan internet lebih penting dari kebutuhan membeli TV baru. Kamu juga bisa menunda pembelian barang yang ngga penting supaya bisa membeli kebutuhan yang lebih mendesak, yaitu perangkat gadget dan kebutuhan internet untuk mendukung SFH atau WFH.

Perhatikan keterangan produk

Saat membeli suatu barang, perhatikan keterangan produk tersebut, kemasannya seperti apa, apakah higienis atau tidak. Saat membeli produk makanan atau minuman bisa perhatikan label dan tanggal kedaluarsa untuk bisa mengetahui apakah barang tersebut masih layak dikonsumsi atau tidak.

Manfaatkan promo, diskon, atau cashback

Di masa pandemi sekarang ini, banyak loh toko atau web online dan marketplace yang memotong harga dan menyediakan promo atau diskon. Hal ini dikarenakan menurunnya daya beli masyarakat sehingga dibuatlah diskon atau promo untuk menarik pembeli. Carilah produk-produk yang kamu inginkan dan bandingkan harga produk tersebut di beberapa toko online atau marketplace. Hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan harga terbaik dari produk yang diinginkan. Menarik bukan?

Perhatikan protokol kesehatan

woman in black long sleeve shirt standing in front of clothes

Jika harus berbelanja di tempat umum kamu harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. Gunakanlah penutup wajah seperti masker atau face shield. Kamu harus membawa tisu basah atau handsanitizer agar bisa digunakan dan diaplikasikan kapanpun. Jika menggunakan tas belanja yang bisa digunakan kembali, pastikan tas tersebut dibersihkan atau dicuci sebelum digunakan dan juga perhatikan social distancing saat berbelanja. Belanja lah kebutuhan dengan cepat dan efisien ya!

Nah, sekarang udah tahu kan apa aja yang harus dilakukan sebelum berbelanja? Stay safe dan stay healthy ya Teman Sehat! Jangan lupa share artikel ini ke yang lain supaya belanja tetap aman dan kebutuhan tetap terpenuhi.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *