Inilah Zat Gizi yang Diperlukan oleh Penderita Leukemia!

Teman Sehat, tahu ngga, sih? Istilah ‘Kanker Anak’ biasanya digunakan untuk mendiagnosa kanker yang terjadi pada anak hingga usia 18 tahun. Menurut Union For International Cancer Control (UICC), setiap tahunnya sekitar 176.000 anak y    ang didiagnosa kanker, berasal dari negara yang berpenghasilan rendah dan menengah.

Sedangkan untuk negara yang berpenghasilan tinggi, kanker merupakan penyebab kedua terbesar kematian pada anak umur 5 – 14 tahun, setelah cedera dan kecelakaan, loh! Oh iya, salah satu penyakit kanker yang bisa menyerang si kecil adalah kanker darah atau leukemia. Mau tahu zat gizi apa aja yang dibutuhkan untuk mendukung proses penyembuhannya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Dampak pengobatan kanker pada anak

Biasanya dalam proses pengobatan penyakit ini, terutama pada anak – anak, bisa berdampak pada kesehatannya. Dampak yang terjadi yaitu, penurunan nafsu makan, dan mual. Tapi untuk anak penderita leukimia, akan mendapatkan terapi kortikosteroid yang berfungsi untuk meningkatkan selera makan dan membuat perasaan lebih senang.

Yuk, terapkan menu makanan ini!

Nah, untuk membantu penyembuhan leukimia, kamu harus membantu menerapkan gaya hidup sehat, terutama pada pola makan. Yap, pola makan yang baik dan bergizi akan membantu penyembuhan si kecil, sehingga kebutuhan energinya tercukupi. Mau tahu apa aja menunya? Yuk, simak!

  • Sumber karbohidrat

Menurut hasil penelitian Noorwati dan Rika, penderita penyakit ini dianjurkan mengonsumsi makanan yang tinggi energi, salah satunya karbohidrat. Kamu bisa memberikan variasi sumber karbohidrat, seperti tepung – tepungan (sagu, terigu, beras, meizena, dll.), beras, sereal, roti, jagung, kentang. Selain itu, dianjurkan buat ngga mengonsumsi makanan seperti ubi, singkong, dan talas karena mengandung gas dan bisa menyebabkan perut kembung.

  • Sumber protein

Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi sumber protein seperti daging, ikan, telur, dan kacang – kacangan. Mengapa? Karena protein berfungsi membentuk jaringan tubuh sehingga bisa menggantikan jaringan yang rusak, membantu sistem imun tubuh, dan membantu proses penyembuhan.

  • Variasikan konsumsi sayur dan buah

Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi buah dan sayur dengan jenis dan warna yang bervariasi. Yap, hal ini dibutuhkan karena pada buah dan sayur yang beragam, mengandung zat antioksidan yang bisa melawan radikal bebas pada tubuh, terutama bagi penderita kanker.

  • Konsumsi air

Asupan cairan perlu di perhatikan, ya! Agar kamu ngga dehidrasi. Pada penderita kanker, proses pengobatan yang dijalani terkadang membuat penderitanya rentan  terkena diare, mual dan muntah. Hal ini bisa mengurangi asupan cairan di dalam tubuh. Nah, oleh karena itu dianjurkan mengonsumsi cairan sebanyak 8 – 12 gelas per hari, berupa air mineral, susu, atau jus buah.

Nah, itulah beberapa penjelasan yang terkait kanker leukemia dan penerapan menu makanannya untuk si kecil. So Teman Sehat, mulailah menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan berikanlah semangat untuk orang terdekat kamu yang mengalami penyakit ini, agar lebih semangat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *