Kamu Siap Hamil? Yuk Ukur Kesiapan Fisikmu Dulu dengan 3 Cara Ini!

siap hamil

Kamu siap hamil?

Tentu kamu tau dong, seorang wanita harus siap sebelum, selama, dan seteleh kehamilan? Tetapi banyak juga loh wanita yang lupa pentingnya kesiapan sebelum kehamilan.

Seorang wanita dapat hamil apabila telah mengalami menstruasi. Menstruasi yang teratur setiap bulan berpeluang lebih untuk terjadinya proses kehamilan. Namun, tanda menstruasi bukan berarti kamu dapat dikatakan berstatus baik dan siap hamil loh Teman Sehat. Kehamilan yang baik harus didukung dengan kondisi tubuh ibu yang sehat dan prima. Ini buktinya:

Lebih dari 72% wanita hamil dengan kondisi berat badan kurang (underweight) berisiko untuk mengalami keguguran. Sebanyak 20 juta bayi lahir dengan berat lahir rendah, dan 15 juta bayi prematur serta menderita penyakit komplikasi

Makanya, penting banget buat menilai tubuh kamu tuh udah siap atau belum sih untuk hamil? Yuk lakukan 3 hal ini!

1. Rutin Timbang Berat Badan

Berat badan kurang atau lebih dapat menjadi tanda adanya penyakit dalam tubuh. Terlalu gemuk atau terlalu kurus bisa meningkatkan peluang terjadinya komplikasi selama kehamilan loh Teman Sehat. Yuk timbang berat badanmu, lalu hitung berat badan idealmu dengan ini:

Berat Badan Ideal (kg) = [Tinggi Badan (cm) – 100] x 90%

 siap hamil

2. Hitung Indeks Massa Tubuh (IMT)

Setelah kamu mengukur berat badan, yuk ukur tinggi badanmu!

Setelah itu, mari hitung IMT-mu. Kamu dapat menilai apakah tubuh kamu termasuk kurus, normal, atau gemuk melalui hasil perhitungan IMT, Teman Sehat.

IMT normal bernilai 18,5-24,9. Jika IMT kamu <18,5 maka kamu tergolong underweight. Jika IMT kamu >24,9, maka kamu tergolong overweight. Risiko kehamilan dapat meningkat peluangnya jika kamu berada dalam 2 status gizi tidak normal ini.

Berapa IMT mu? Kamu bisa cek melalui ini:

IMT = Berat Badan (kg) : [Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)]

3. Ukur juga Lingkar Lengan Atasmu

lila

Ukuran lingkar lengan atas dapat  menjadi petunjukmu juga loh. Kok bisa ya?

Iya, ukuran lingkar lengan atas dapat mendeteksi seorang wanita usia subur berisiko kekurangan energi kronis (KEK) atau tidak. Jika ukuran lingkar atasmu <23,5 cm maka kamu berisiko KEK dan belum siap hamil.

Ibaratnya, kebutuhan tubuh untuk dirimu masih kurang, bagaimana jika ditambah dengan janin? Akan berbahaya bukan?

Ayo lakukan 3 tips ini dari sekarang. Sudahkah Teman Sehat mencapai batas normalnya?  Yuk tulis jawabanmu di kolom komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *