Marriage Talk: 7 Persiapan Pernikahan Ini Ngga Boleh Kelupaan!

persiapan pernikahan

Halo Teman Sehat! Setelah sebelumnya sukses menyelenggarakan Diskusi Sehat 1: “Diabetalk, pada tanggal 26 Mei lalu, linisehat.com telah menyelenggarakan Diskusi Sehat 2: “Marriage Talk yang diikuti oleh lebih dari 150 peserta antusias yang berasal dari Pekanbaru hingga Samarinda. Septian Suhandono, S.Gz, yang merupakan founder dan CEO linisehat.com membagikan beberapa hal penting terkait persiapan pernikahan dari aspek gizi dan kesehatan.

Siapa sih yang ngga ingin punya keluarga dan keturunan yang sehat?

Selama ini, persiapan pernikahan dari sisi gizi dan kesehatan menjelang pernikahan masih sangat jarang dilakukan oleh calon pengantin. Padahal, persiapan ini penting banget buat mendukung 1000 hari pertama kehidupan calon anak kamu loh.

Lalu, apa aja sih persiapan pernikahan dari sisi gizi dan kesehatan yang penting dilakukan?

1. Status gizi

Pengukuran status gizi seperti pengukuran IMT (Indeks Massa Tubuh) dan LiLA (Lingkar Lengan Atas) menjadi penting dilakukan sebelum pernikahan.

IMT berguna banget buat tau apakah status gizi kamu dan calon termasuk kurus, normal, atau gemuk. Nah, gimana cara hitung IMT? Coba simak artikel yang satu ini, Teman Sehat.

Tapi sebenernya, pengecekan IMT bisa dengan lebih gampang dilakukan menggunakan cakram IMT. Coba simak di sini deh, Teman Sehat.

Sebaiknya, calon pengantin (catin) punya IMT normal supaya terhindar dari penyakit tidak menular seperti diabetes melitus dan penyakit jantung. Tapi, untuk catin yang masih belum ber-IMT normal, jangan khawatir. Ayo rajin olahraga dan terapkan prinsip gizi seimbang!

LiLA menjadi patokan pengukuran yang ngga kalah penting, Teman Sehat! Catin perempuan yang punya LiLA >23.5 cm tergolong aman untuk melahirkan. Kurangnya LiLA pada catin perempuan bisa meningkatkan risiko lahirnya bayi berat lahir rendah (BBLR), alias kurang dari 2,5 kg yang berbahaya banget buat kesehatan dan kecerdasan sang anak kelak.

2. Rhesus darah

Rhesus darah terdiri atas rhesus positif dan rhesus negatif. Ketidaksamaan rhesus antara kedua catin bisa menimbulkan bahaya bagi janin, seperti kelainan sel darah dan organ vital. Anjuran untuk menikah dengan pasangan yang ber-rhesus sama sangat disarankan. Bahkan, ada Komunitas Rhesus Negatif Indonesia yang selain menjadi wadah sharing informasi, juga menjadi ajang pencarian jodoh loh Teman Sehat!

3. Hemoglobin (Hb)

Gangguan perkembangan janin dan bahaya persalinan secara normal bisa lebih berisiko pada catin perempuan yang anemia (memiliki Hb <12 g/dL). Konsumsi makanan sumber zat besi seperti hati, susu, telur bisa membantu catin perempuan supaya ber-Hb normal. Bahkan, kalau asupan dari makanan aja belum cukup, konsumsi tablet tambah darah (TTD) diwajibkan karena penting banget buat punya Hb yang normal.

4. Tekanan darah (Tensi)

blood-pressure-1006791_640

Catin perempuan yang punya tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa berisiko mengalami pendarahan saat melahirkan. Sebaliknya, tensi yang rendah (hipotensi) juga cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Lalu gimana sih cara supaya tekanan darah tetap normal? Caranya gampang loh Teman Sehat, rajin konsumsi sayur dan buah, istirahat yang cukup, serta rutin berolahraga bisa bantu normalkan tekanan darah kamu.

5. Gula darah

Teman Sehat tahu kan bahaya dari penyakit diabetes mellitus? Yap, salah satunya, jika catin perempuan mengalami diabetes, ia sangat berisiko mengalami gangguan penyembuhan luka saat melahirkan.

6. Infeksi PMS (Penyakit Menular Seksual)

Terdapat berbagai pemeriksaan untuk mengetahui adanya PMS (Sifilis, Gonore, HIV, Herpes, dsb) yang banyak disebabkan oleh bakteri dan virus. Walaupun masih jarang dilakukan, uji ada atau tidaknya PMS baik dilakukan untuk membantu mencegah terjadinya penularan PMS tersebut.

7. Suntik vaksin TT (Tetanus Toksoid) dan Hepatitis B

syringe-1945341_960_720

Suntik TT dan Hepatitis sangat dianjurkan dilakukan menjelang pernikahan. Vaksin ini bisa membantu kamu dan pasangan kamu ngga mudah terserang infeksi. Pasti kamu udah tau kan, kalau serangan infeksi yang terjadi saat kehamilan bisa menimbulkan kecacatan bayi saat kehamilan. Nah, buat mencegah itu, kamu sebaiknya melakukan vaksin ini di Puskesmas terdekat.

Nah, udah tahu kan Teman Sehat, apa aja yang penting kamu siapkan menuju pernikahan? Yuk, semakin yakinkan dirimu sebelum menikah dengan melakukan tips siap menikah dari sisi gizi dan kesehatan ini! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *