Masih Pakai Kantong Kresek Hitam buat Wadah Makanan? Simak 3 Fakta Ini

Halo Teman Sehat! Kamu masih sering lihat pedagang makanan yang menggunakan kresek hitam buat membungkus makanan yang dijualnya? Sebenernya, itu aman ngga sih? Banyak isu yang bilang kalau kantong kresek hitam itu ngga aman buat membungkus makanan. Apa iya?

Ternyata, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada 2009 lalu telah mengeluarkan public warning agar kresek hitam ngga lagi digunakan sebagai wadah makanan.

Kira-kira, ada apa ya dengan kantong kresek hitam ini? Yuk simak 3 hal ini, Teman Sehat!

1. Terbuat dari apa sih kantong kresek hitam ini?

Kamu harus tau Teman Sehat, kantong kresek hitam biasanya diproduksi dari plastik daur ulang yang belum jelas asal-usul bahannya.

Hal yang perlu diwaspadai adalah “apakah saat proses daur ulang pembersihan plastik dan hygiene dilakukan dengan baik oleh produsennya?”

Nah, kemungkinan produsen akan mengabaikan aspek ini karena memang produk yang mereka produksi bukanlah produk yang termasuk food grade.

2. Kenapa sebaiknya ngga digunakan sebagai wadah makanan?

Produk pangan yang langsung menyentuh kantong kresek punya kemungkinan terjadinya perpindahan bahan-bahan berbahaya yang bersifat karsinogenik, alias penyebab kanker, dari kantong kresek ke makanan. Perpindahan bahan berbahaya ini juga bisa makin cepat jika produk pangannya bersuhu tinggi loh Teman Sehat! Kalau kamu terus-menerus terpapar oleh zat berbahaya itu, maka kamu bisa mengalami berbagai penyakit, serta fungsi organ tubuhmu akan terganggu. Serem juga ya, Teman Sehat?

3. Terus, jenis plastik apa yang aman buat membungkus makanan?

Jenis bahan plastik yang relatif aman digunakan buat produk pangan adalah plastik HDPE, LDPE, PET dan PP yang telah mencantumkan logo food grade berupa simbol berbentuk gelas dan garpu.

Plastik yang telah mencantumkan logo ini berarti aman dan bisa digunakan sebagai kemasan pangan. Nah, jadi kamu harus memastikan bahwa makanan yang kamu beli telah dibungkus oleh wadah yang aman terlebih dahulu sebelum dibungkus oleh kresek hitam.

Pedagang makanan yang masih banyak dijumpai menggunakan kantong kresek hitam buat membungkus dagangannya secara langsung biasanya pedagang daging, makanan siap saji, hingga gorengan. Setelah kamu tau fakta ini, ada baiknya kalau kamu mengingatkan pedagang makanan itu karena mungkin mereka belum tau bahayanya bagi kesehatan.

Editor & Proofreader: Agatha, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *