Mengapa Bayi Bisa Terkena Oral Trush?

Halo, Teman Sehat! Bunda, apakah si kecil tiba-tiba ngga mau minum atau menolak disusui? Bisa jadi si kecil mengalami sariawan atau oral trush. Penyakit ini ngga hanya dialami oleh orang deawasa, anak-anak sampai bayi baru lahir pun juga berisiko. Mengapa hal itu bisa terjadi? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Pengertian

baby with blue eyes

Oral trush atau sariawan merupakan infeksi jamur yang umum dan tergolong ngga berbahaya. Sariawan pada si kecil bisa menyerang bagian permukaan dalam rongga mulut, lidah, bahkan gusi. Gejala sariawan ditunjukkan dengan satu atau lebih bintik putih di dalam mulut atau lidah si kecil.

Penyebab 

Oral trush pada si kecil umumnya disebabkan oleh jamur candida albicans yang ditularkan melalui vagina ibu yang terinfeksi selama persalinan, botol susu, dot bayi, puting susu yang ngga bersih, atau proses cuci tangan yang ngga benar. Saat jamur tersebut menyerang si kecil, sariawan pun terjadi. Hal ini disebabkan, sistem kekebalan bayi baru lahir masih dalam tahap perkembangan sehingga lebih rentan terkena infeksi.

man carrying baby

Biasanya oral trush timbul  7-10 hari setelah bayi lahir. Kondisi dan penyakit lainnya akan muncul jika oral trush ngga segera diobati, seperti nafsu makan berkurang, kesulitan minum ASI atau susu, diare, hingga infeksi usus. Hal ini bisa terjadi, meskipun pada dasarnya sariawan ngga berbahaya buat si kecil.

Bunda sebaiknya selalu memperhatikan kebersihan mulut  si kecil, walaupun si kecil masih belum mempunyai gigi dan hanya mengonsumsi ASI atau susu. Sisa ASI atau susu yang menempel atau berada pada sekitar mulut bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan khususnya oral trush.

Pencegahan 

Nah, bila si kecil mengalami oral trush, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis anak untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. Setelah berobat ke dokter, ada beberapa cara perawatan rumahan yang juga bisa Bunda lakukan.

  • Cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah menyusui si kecil
  • Sterilkan botol dan peralatan menyusui seperti dot bayi secara teratur. Jangan lupa untuk selalu membersihkan puting susu
  • Berilah si kecil minuman air setelah selesai menyusui. Ini dilakukan untuk membilas susu yang tersisa di mulutnya. Hal ini dilakukan jika bayi telah berusia lebih dari 6 bulan
  • Biasakan mencuci pakaian si kecil pada suhu 60 derajat Celcius untuk membunuh jamur
  • Bersihkan mainan si kecil seperti boneka atau mainan lainnya yang berpotensi dimasukkan ke dalam mulut si kecil
  • Pakailah handuk terpisah untuk setiap anggota keluarga, cuci setiap seminggu sekali, dan jemur di bawah matahari setiap selesai digunakan

Nah Teman Sehat! Sekarang sudah tahu kan segala hal tentang oral trush dan cara pencegahannya. Jangan lupa selalu perhatikan kesehatan si kecil ya! Share artikel ini ke teman-teman kamu jika bermanfaat!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *