Pakai Hand Sanitizer Menjadikan Kulit Kering? Ini Solusinya!

Halo Teman Sehat! Semenjak pandemi ini hand sanitizer adalah salah satu barang  yang wajib yang dibawa dan sering digunakan di manapun dan kapanpun. Tapi, tahukah Teman Sehat bahwa penggunaan hand sanitizer yang berlebihan bisa membuat kulit kering? Yap, ternyata kandungan alkohol dalam hand sanitizer lah yang menyebabkan kulit menjadi kering.

Berikut 4 solusi mencegah kulit kering karena penggunaan hand sanitizer. Yuk, simak!

Gunakan hand cream/pelembab

Penggunaan pelembab tangan atau hand cream adalah solusi paling populer di masyarakat karena memiliki kemampuan dalam melembabkan kulit tangan sehingga mencegah kulit kering akibat hand sanitizer. Selain itu, hand cream juga mengandung vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit. Selain hand cream, Teman Sehat juga dapat menggunakan body lotion atau pelembab wajah di tangan. Cukup mudah bukan?

Perbanyak cuci tangan

Mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer adalah dua kegiatan dengan tujuan yang sama yaitu membunuh kuman dan bakteri di tangan. Hand sanitizer lebih dipilih masyarakat dibandingkan mencuci tangan karena lebih instan dan mudah. Namun, penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit tangan kering bahkan iritasi. Nah, untuk mencegah pengeringan kulit akibat hand sanitizer, perbanyaklah cuci tangan dibandingkan menggunakan hand sanitizer ya!

Pilih sabun cuci tangan yang tepat

Untuk mencegah kulit kering akibat penggunaan hand sanitizer, selain memperbanyak cuci tangan, Teman Sehat juga sebaiknya memilih sabun cuci tangan yang dilengkapi oleh pelembab. Biasanya, sabun cuci tangan dengan pelembab lebih licin saat digunakan dan dibilas dengan air dibandingkan sabun cuci tangan tanpa pelembab. Jangan lupa, cuci tangan sesuai prosedur selama 20 detik dengan air mengalir untuk membersihkan tangan kita dengan maksimal ya, Teman Sehat!

Banyak minum air putih

Tahukah Teman Sehat bahwa sebagian besar tubuh manusia berupa cairan? Oleh karena itu, air adalah kebutuhan wajib bagi seluruh manusia. Kekurangan air dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi, metabolisme tubuh yang tidak seimbang, hingga kulit kering. Dengan mengonsumsi air yang cukup yaitu 8 gelas per hari, metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik dan seimbang, serta dapat menjaga kelembapan kulit kita loh!

Nah, itulah empat tips yang bisa dengan mudah kamu terapkan untuk menjaga kelembapan kulit akibat penggunaan hand sanitizer. Yuk, share informasi ini ke keluarga dan teman-teman! Stay safe and be healty ya Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *