Oat Milk, ‘Susu’ Nabati dari Oat

Halo Teman Sehat! Pernahkah kamu mendengar tentang oat milk? Yap, oat milk/susu oat/susu gandum merupakan campuran oat dan air yang memiliki tekstur lembut dan sedikit manis yang konsistensinya hampir serupa dengan susu skim rendah lemak. Lalu, gimana ya, dengan kandungan gizi dan manfaatnya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu susu oat?

Susu oat merupakan susu ramah vegan yang dibuat dengan cara merendam dan mencampurkan oat dan air yang kemudian disaring dengan kain tipis untuk memisahkan cairannya dari oat. Minuman dengan bahan dasar oat ini, merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang intoleran pada produk susu maupun kacang-kacangan. Minuman ini juga bebas gluten, tapi ngga semua produk komersialnya memiliki sertifikat bebas gluten.

Apa saja kandungan zat gizinya?

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh USDA, satu cangkir susu oat mengandung 130 kalori, 244 g karbohirat, 4 g protein, 5 g lemak, 115 mg natrium, 19 g gula, dan 1,9 g serat. Jika dibandingkan dengan jenis susu lainnya, kandungan kalori, karbohidrat dan serat minuman ini lebih banyak dari susu almond, kedelai, maupun susu sapi.

Tetapi kandungan proteinnya lebih sedikit dibandingkan varietas kedelai dan susu sapi. Minuman ini ngga kaya akan zat gizi seperti gandum utuh, sehingga sering diperkaya dengan zat gizi lain, seperti kalium, kalsium, zat besi serta vitamin A dan vitamin D.

Beberapa produk komersial minuman ini mengandung gula tambahan dan ngga bersertifkat bebas gluten. Sehingga pilih kamu perlu memperhatikan label kemasan, saat ingin membelinya. Produk yang terkontaminasi gluten bisa menyebabkan masalah pencernaan bagi kamu yang menderita celiac atau alergi terhadap gandum dan produk olahannya.

Manfaatnya bagi tubuh

  • Sumber vitamin B, bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati, kesehatan rambut, kuku serta kulit. Minuman ini sering diperkaya dengan vitamin B2 (riboflavin) dan vitamin B12.
  • Menurunkan kolesterol darah, kandungan beta-glukan, serat larut pada minuman ini, bisa mengikat kolesterol dan mengurangi penyerapannya, sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Nutrition & Metabolism, sesorang yang mengonsumsi minuman ini mengalami penurunan kadar kolesterol total dan LDL secara signifikan.

  • Kesehatan tulang, fortifikasi minuman ini dengan kalsium dan vitamin D bisa memberikan manfaat untuk tulang. Kalsium merupakan mineral utama untuk pembentukan tulang, sedangkan vitamin D membantu penyerapan tulang.

Nah, berdasarkan informasi di atas, tentunya Teman Sehat jadi lebih memahami kandungan dan manfaat dari minuman ini bagi tubuh. Jika kamu mempunyai informasi lainnya mengenai susu oat bisa langsung tulis di kolom komentar, ya! Semoga bermanfaat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.