Pecinta Kopi? Yuk, Simak 5 Faktanya!

Teman Sehat, kamu termasuk anak zaman now yang suka main di kedai kopi? Yap, maraknya perkembangan kedai kopi di Indonesia, sedikit banyak menunjukkan minat masyarakat terhadap kopi, ngga terkecuali para millenial. Ngga cuma desain kedainya yang nyaman dan instagramable buat kumpul sama orang terdekat, loh!

Tapi, juga tempat yang asik buat pecinta kopi menemukan cita rasa yang disukainya. Buat kamu, millenial yang mau belajar jadi pecinta kopi, sebaiknya simak 5 fakta ini dulu ya! Let’s check it out!

1. Apakah kopi membuat kecanduan?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, menyatakan bahwa kopi ngga menimbulkan kecanduan seperti kecanduan yang merujuk pada obat- obatan. Adanya kandungan kafein di dalamnya, menyebabkan kopi memberikan efek psikologis, yaitu dengan merangsang sensasi menyenangkan. Selain itu, kandungan kafein ini, juga bisa membuat kamu menjadi lebih awas dan konsentrasi.

2. Kopi mengandung antioksidan, loh!

Menurut penelitian yang ditulis Health Insight, dalam secangkir kopi terkandung banyak antioksidan. Bahkan kandungannya lebih tinggi dari pada jus anggur, blueberry, raspberry atau jus jeruk, loh!

3. Kopi dan ibu hamil (bumil)

Sejauh ini, belum ada studi yang menunjukkan dengan jelas, kalau bumil mengonsumsi kopi atau minuman yang mengandung kafein bisa membahayakan janin. Tapi, walaupun begitu, bumil disarankan supaya ngga minum lebih dari 200 mg kafein (sekitar 1 sampai 2 cangkir kopi) per-hari.

Kalau bumil mengonsumsinya berlebihan maka bisa meningkatkan jumlah pengeluaran kalsium di dalam urin. Padahal kan, bumil merupakan golongan yang rentan kekurangan kalsium. Jadi bumil tetap harus waspada saat mengonsumsi kopi. Kalau masih ragu, kamu bisa mengonsultasikannya dengan dokter.

4. Jangan minum kopi di waktu ini!

Jangan pernah konsumsi kopi 4-6 jam sebelum tidur, ya! Hal ini dikarenakan kafein memiliki efek sulit tidur, buat kamu yang ngga suka begadang. Selain itu, buat beberapa orang jarang mengonsumsi kopi, efek kegelisahan yang ditimbulkan akan membuat kamu ngga nyaman selama tidur.

Selain itu, kamu juga engga disarankan buat konsumsi kopi berdekatan dengan waktu makan. Kenapa? Hal ini disebabkan, kopi mengandung zat tannin yang bisa menyebabkan mineral zat besi ngga terserap maksimal. Jadi, tunggulah satu sampai 2 jam setelah makan, buat mengonsumsi kopi kegemaran kamu.

5. Minuman dan makanan yang mengandung kafein

Ternyata, kandungan kafein ngga cuma ada di kopi aja, loh! Kafein juga banyak ditemukan di dalam teh, cokelat, minuman soda dan sebagainya. FYI, ternyata kandungan kafein paling tinggi ditemukan dalam minuman berenergi, loh!

Nah, kamu sekarang udah tau kan apa aja 5 fakta tentang kopi. Teman Sehat, boleh banget loh, mengonsumsi kopi. Tapi ingat, ada batasannya ya. Biasanya konsumsi kafein dalam sehari sekitar 200-400 mg per-hari atau sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi. Yuk, tetap hidup sehat dengan menikmati semua makanan yang ada dan mengatur pola makan kamu sesuai PGS!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *