Roasting, Proses Penting Penentu Mutu Kopi

Teman Sehat, cuaca sejuk gini, enaknya minum kopi, ya ngga? Tapi, kamu tau ngga sih, ternyata proses terpenting dalam menentukan mutu kopi?

Banyak yang belum tahu, ternyata proses ini sangat memengaruhi mutu aroma dan rasa dari kopi yang akan diseduh. Yap, roasting kopi. Lalu, apa sih roasting kopi dan pengaruhnya sama cita rasa kopi? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Roasting

Roasting atau pemanggangan, merupakan proses mengurangi kandungan air dalam kopi. Biasanya suhu yang digunakan untuk proses  ini cukup tinggi dan juga tergantung selera dari roaster-nya.

Selama proses roasting, kopi mengalami perubahan warna dari hijau menjadi coklat sampai hitam. Secara ilmiah, proses ini dikenal dengan reaksi meilard. Reaksi ini juga berperan dalam pembentukan cita rasa dari kopi. Selain itu proses roasting juga memengaruhi kadar kafein didalamnya.

FYI, kafein yang terkandung pada kopi, bisa bertindak sebagai antioksidan, loh! Biasaya level roasting dibagi menjadi beberapa jenis, yang udah disesuaikan dengan  standar yang digunakan roaster dalam dan luar negeri. Yuk, simak penjelasannya! Let’s check it out!

Light roasted coffee

Pemanggangan tingkat ini, akan menghasilkan kopi yang berwarna coklat muda, dengan tingkat keasaman yang lebih tinggi. Kopi jenis ini, punya kandungan kafein lebih tinggi, jika dibandingkan dengan kopi dark roasting.

Pada permukaan biji kopinya ngga terlihat adanya minyak yang muncul. Kopi tingkat ini disangrai pada suhu rendah sekitar 190-195oC dengan waktu yang singkat.

Medium roasted coffee

Pemanggangan dengan tingat medium roasted, menghasilkan kopi  berwarna coklat tua, yang mulai sedikit berkaramel dengan tingkat keasaman yang mulai menurun. Selain itu, pada permukaan biji kopi, mulai mulai muncul minyak.

Kopi tingkat ini, merupakan kopi yang ‘pas’ dikalangan penikmat kopi. Hal ini dikarenakan, proses pemanggangannya menghasilkan kopi dengan rasa, aroma dan tingkat keasaman yang sesuai dan seimbang, sehingga nikmat saat diseduh.

Kopi tingkat ini disangrai pada suhu 200-205oC. Bisanya tingat pemanggangan ini, lebih disukai oleh orang Amerika. Jenis pemanggangan lain yang termasuk medium roasted adalah  city roasted coffee dengan warna biji kopi agak gelap, memiliki rasa, aroma dan tingkat keasaman yang lebih seimbang.

Dark roasted coffee

Pemanggangan tingat dark roasted,  menghasilkan kopi yang berwarna warna lebih gelap dan nyaris berwarna hitam. Pada permukaan bijinya, muncul lapisan minyak lebih banyak. Pada tingkat ini, rasa kopi cenderung pahit, memiliki aroma smoky, dan flavournya berkurang. Biasanya kopi tingkat ini, disangrai pada suhu diatas 205oC.

Jenis pemanggangan lain yang termasuk dark roasted adalah  french roasted dengan warna biji kopi kehitaman, permukaan kopi berminyak, dan jika diseduh akan menimbulkan rasa yang pahit. Walaupun pahit, kangdungan kafein kopi ini rendah, loh!

Nah, sekarang kamu udah tau kan, Teman Sehat? Ternyata level pemanggangan kopi memengaruhi rasa, aroma dan kadar kafeinnya. Jadi, kalian bisa memilih mengonsumsi kopi sesuai selera kamu. Jangan lupa, tetap batasi konsumsi kopi harianmu ya! Karena sesuatu yang berlebihan itu ngga baik, loh! Jangan lupa share pengalaman ngopi kamu di sini!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *