Selamat Hari Madu se-dunia! Yang Mana Madu Favoritmu?

Halo Teman Sehat! Tahukah kamu bahwa setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai hari madu sedunia? Pada tanggal inilah seorang ahli apiculture (pemeliharaan lebah) bernama Anton Jansa berkebangsaan Slovenia terlahir. Negara-negara anggota PBB menyetujui setiap tanggal 20 Mei diperingati sebagai World Bee Day, salah satunya untuk mengakui peran lebah dalam penyerbukan dan pelestarian ekosistem.

Apakah Teman Sehat penyuka madu? Ternyata, madu sangat banyak jenisnya loh! Warna dan rasa madu tergantung pada nektar bunga yang dihisap oleh si lebah. Mulai dari tidak berwarna hingga coklat tua, mulai dari rasa yang ringan hingga pekat, jenis madu sangat beragam. Yuk, cari tahu beberapa jenis madu yang paling populer di Indonesia!

1. Madu kopi

Madu yang berwarna hitam ini dihasilkan oleh lebah yang menghisap nektar dari bunga kopi. Selain warnanya yang pekat, sekilas akan tercium aroma kopi pada madu tersebut. Yang ngga kalah penting, madu jenis ini kaya akan berbagai jenis vitamin.

2. Madu hutan Sumatera

Pulau Sumatera dengan rimbun hutannya merupakan habitat alami bagi berbagai jenis flora dan fauna. Tak heran kalau pulau ini menjadi salah satu penghasil madu terbesar di Indonesia. Jenis madu hutan Sumatera dikenal memiliki berbagai khasiat seperti sebagai antibiotik alami dan mengobati berbagai macam penyakit.

3. Madu hutan Timor

Madu ini berasal dari tanah Nusa Tenggara Timur. Madu yang populer di kalangan wisatawan ini memiliki kualitas terbaik ke-3 di dunia setelah Yunani dan Australia. Untuk mendapatkannya ngga gampang, karena hanya terdapat di pepohonan tinggi di pedalaman pulau Timor.

4. Madu hutan Kalimantan

Sebagai paru-paru dunia, Kalimantan juga menghasilkan berbagai jenis madu. Madu khas hutan Kalimantan ini memiliki ciri khas tidak terlalu kental dan tidak panas.

5. Madu pahit hitam

Ternyata ngga selamanya yang bernama madu memiliki rasa manis loh! Madu ini berasal dari nektar Bunga Mahoni dengan ciri khas warna gelap dan rasa pahit. Madu ini memiliki khasiat sebagai obat tradisional dan suplemen kesehatan tubuh.

6. Madu hutan

Madu jenis ini memang yang paling populer dan dikenal masyarakat. Pada dasarnya madu hutan dihasilkan dari nektar berbagai jenis bunga alias berasal dari berbagai jenis tanaman yang ada dalam suatu hutan. Madu hutan yang terkenal berasal dari Sumatera dengan ciri khas cenderung lebih gelap, agak encer, dan rasanya agak asam.

7. Madu putih

Madu putih dibuat oleh lebah pekerja khusus sebagai makanan bagi bayi lebah dan ratu lebah. Madu ini mengandung lebih banyak royal jelly ketimbang madu utama, sehingga berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi penyakit maag, dll.

8. Madu rambutan

Madu jenis ini dihasilkan oleh peternakan lebah yang disebar di perkebunan rambutan. Madu ini dipercaya memiliki berbagai khasiat seperti anti bakteri, meningkatkan fungsi otak, meningkatkan sistem imun, mengobati maag, dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu negara dengan hutan terluas serta keberagaman flora dan fauna tertinggi, Indonesia menjadi salah satu produsen madu terbaik di dunia. Selain 8 jenis madu di atas, masih banyak lagi jenis-jenis madu dari berbagai wilayah di Indonesia. Kalau kamu tahu, yuk share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *