Senam Kaki untuk Penderita DM

senam kaki untuk penderita diabetes
Foto: Pexels.com

Menurut Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 kaki diabetik menempati peringkat kelima dalam komplikasi diabetes mellitus (DM) terbanyak. Kondisi ini terjadi ketika gula darah yang terlalu tinggi memicu kerusakan saraf sehingga penderitanya ngga bisa merasakan sakit ketika kaki mengalami luka.

Pada saat yang sama, pembuluh darah di kaki yang rusak ngga mampu mensuplai darah yang kaya akan zat gizi dan oksigen. Alhasil luka diabetes pada kaki semakin parah bahkan timbul infeksi dan sulit untuk sembuh. Jika dibiarkan, ini akan sangat berbahaya karena risiko amputasi yang sangat tinggi.

Salah satu tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan senam kaki diabetes. Sahabat Sehat, senam ini didefinisikan sebagai latihan yang dilakukan oleh penderita DM atau bukan penderita untuk menangkal terjadinya luka dan membantu melancarkan sirkulasi darah pada bagian kaki.

Apa aja manfaat senam kaki diabetes?

Secara umum, gerakan senam kaki diabetes mempunyai berbagai manfaat, yakni memperbaiki sirkulasi darah yang terganggu, meningkatkan kekuatan otot-otot kecil kaki, mencegah komplikasi diabetes, melatih sendi supaya tetap lentur dan ngga kaku, serta mencegah terjadinya kelainan bentuk kaki (deformitas). Dengan demikian, diharapkan kaki penderita DM dapat terawat baik dan kualitas hidup penderita DM meningkat.

Senam kaki diabetes lebih direkomendasikan untuk dilakukan sejak awal terdiagnosis DM. Tapi, kurang dianjurkan untuk penderita DM yang mengalami perubahan fungsi fisiologis, seperti sesak napas atau nyeri dada, serta yang sedang mengalami depresi, cemas, dan khawatir.

cek kadar gula darah
Foto: Pixabay.com

Bagaimana cara melakukan senam kaki diabetes?

Senam kaki diabetes bisa dilakukan di mana saja loh Sahabat Sehat, seperti di rumah maupun tempat kerja. Langkah yang pertama adalah mengatur posisi duduk tegak di atas bangku dengan kaki menyentuh lantai. Kemudian, mulai lakukan gerakan jari-jari kaki ke atas dan bawah.

Selanjutnya, pertahankan tumit untuk tetap di lantai dan gerakkan telapak kaki dengan arah memutar. Berikutnya, angkat kedua kaki kamu dengan posisi lurus sejajar, dan turunkan kembali ke lantai. Sesudah itu, angkat kembali kedua kakimu supaya sejajar, lalu tahan dan gerakkan telapak kaki ke depan dan belakang seperti sedang berenang.

Gerakan berikutnya, turunkan satu kaki dan biarkan kaki yang lainnya terangkat dengan posisi lurus, lalu gerakkan pergelangan kaki dengan cara memutar. Sesudahnya, lakukan langkah yang sama pada kaki lainnya. Ulangi tiap gerakan sebanyak 20 kali.

Sahabat Sehat bisa melakukan senam kaki diabetes ini secara teratur atau sebanyak lima kali per minggu, khususnya ketika kaki terasa dingin. Penting untuk diingat! Kamu perlu mengecek kadar gula darah sebelum dan sesudah berolahraga karena olahraga yang kurang tepat berisiko terhadap penurunan kadar gula darah secara tiba-tiba. Jika kamu merasa sakit kepala, pusing, mual, dan jantung berdetak cepat, segera hentikan kegiatan tersebut, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Flora, R. (2013). Pelatihan Senam Kaki Pada Penderita Diabetes Mellitus Dalam Upaya Pencegahan Komplikasi Diabetes Pada Kaki (Diabetes Foot). Jurnal Pengabdian Sriwijaya1(1), 7-15. https://doi.org/10.37061/jps.v1i1.1543.

Hellosehat. 2021. Manfaat dan Cara Melakukan Senam Kaki untuk Diabetesi. https://hellosehat.com/diabetes/senam-kaki-untuk-diabetes/. Diakses pada 23 Juli 2022.

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI.

RS Al Islam. 2019. Perawatan dan Senam Kaki Diabetik. https://www.rsalislam.com/2019/01/perawatan-dan-senam-kaki-diabetik/. Diakses pada 23 Juli 2022.

Rumah Sakit Khusus Bedah Halimun. 2021. Senam Kaki untuk Penderita Diabetes. https://halimun-medical.com/senam-kaki-untuk-penderita-diabetes-2123. Diakses pada 23 Juli 2022.

SehatQ. 2022. Senam Kaki Diabetes dan Olahraga Lainnya untuk Penderita Diabetes. https://www.sehatq.com/artikel/senam-kaki-diabetes-dan-olahraga-lainnya-untuk-penderita-diabetes. Diakses pada 23 Juli 2022.

Siloam Hospitals. 2022. Kenali Bahaya Kaki Diabetik dan Ragam Gangguannya. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/kenali-bahaya-kaki-diabetik-dan-ragam-gangguannya. Diakses pada 23 Juli 2022.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.