Sering Merasa Stress? Yuk, Cari Tau Solusinya!

kenapa bisa mengalami stress
Foto: Pixabay.com

Teman sehat, apakah kamu sering marah akhir-akhir ini? Atau merasa ngga semangat menjalani aktivitas keseharianmu? Hati-hati, mungkin saja kamu mengalami stress, jika berkepanjangan malah membuat produktivitasmu ngga optimal, loh! Yuk, atasi rasa stress dengan beberapa cara berikut.

Kenapa bisa merasa stress?

Stress bisa diartikan dengan keadaan atau kondisi seseorang yang menyebabkan tekanan karena tuntutan dari pekerjaan, akademik, lingkungan dan lain-lain. Nah jika kamu diberi beban diluar kemampuannya tentunya  akan mengalami stress. Kamu bisa saja menjadikan kondisi stress tersebut menjadi positif saat menganggap tekanan tersebut menjadi motivasi dan meningkatkan potensi dirinya menjadi lebih baik. Namun, jika menganggap tekanan menjadi hal yang negatif tentunya inilah yang berbahaya yang akan membuat seseorang mengalami stress berkepanjangan.

Bisa dialami siapa saja

stress bisa dialami oleh semua orang
Foto: Pixabay.com

Teman Sehat, stress bisa saja dialamai semua orang dengan berbagai alasan tertentu. Misalnya seperti mendapatkan tekanan dari lingkungan sekitar, masalah pekerjaan, mengalami kegagalan, rasa insecure berlebih, merasa bosan dengan apa yang kamu jalani dan masalah yang tak kunjung usai.

Jika kejadian tersebut dibiarkan terus menerus tentunya bisa membuat kamu merasa frustasi, kecewa, sedih hingga menurunnya efektifas kerja. Kondisi tersebut bahkan bisa membuat kamu sering menyalahkan diri sendiri atau orang disekitar secara terus-menerus, sehingga bisa berakibat fatal untuk kondisi kesehatan mental dan tubuh.

Cara mengatasi stress

Cara efektif untuk mengelola stress
Foto: Pixabay.com

Setiap orang bisa saja mengalami stress, jadi ngga perlu takut dan menghindarinya. Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengelola stress tersebut dengan baik. Berikut tips buat kamu untuk mengatasi stress.

  1. Ngga perlu dihindari. Stress merupakan salah satu proses pendewasan diri, setiap masalah atau tekanan yang terjadi pada seseorang merupakan tantangan yang perlu dilalui supaya bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Jika bisa mengatasi stress, selamat kamu sudah jadi lebih dewasa!
  2. Mengatur waktu dengan baik. Kamu perlu berusaha mengatur waktu dengan baik, seperti membagi waktu untuk bekerja, pergi berlibur, berkumpul dengan keluarga dan teman. Buat semuanya seimbang, sehingga kamu ngga akan mudah merasa stress.
  3. Olahraga. Menjaga tubuh untuk tetap bugar dengan olahraga minimal 3-5 kali dalam seminggu, merupakan salah satu cara membuat pikiran lebih relax dan tenang. Olahraga bisa menstimulasi hormon endorphin yang bermanfaat untuk membuat mood senang.
  4. Lakukan pola hidup sehat. Kamu bisa menerapakan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan menerapkan pola tidur teratur, sehingga tubuh lebih sehat dan kamu bisa lebih baik dalam mengendalikan stress.
  5. Buat sebuah karya. Kamu bisa membuat kegagalanmu menjadi karya, loh! Manfaatkan itu untuk memotivasi diri sendiri dan orang disekitar. Kamu juga bisa untuk coba melakukan hal-hal yang kamu sukai.
  6. Menyadari kemampuan dan mencintai diri sendiri. Tentunya setiap orang mempunyai kapasitasnya masing-masing. Kamu ngga perlu memaksakan diri jika memang hal itu ngga sesuai denganmu, yang perlu kamu lakukan adalah selalu lakukan yang terbaik.

Nah, Teman Sehat itulah tips buat kamu untuk bisa mengelola stress dengan baik. Jika kamu merasa tekanan yang kamu terima sudah berlebihan dan ngga bisa mengatasinya sendiri, ngga perlu ragu untuk konsultasikan ke psikolog, ya!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

Wiarto, Giri.2015. Panduan Berolahraga untuk Kesehatan dan Kebugaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=948848

Rossadea Atziza. 2015. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stress dalam Pendidikan Kedokteran. Journal Kedoketeran Unila : Vol 2, No 3
https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/agro/article/view/1367

Eunika, dkk. 2012. Stress Kerja dengan Pemilihan Strategi Coping. Journal UNNES : KEMAS 7 (2) (2012) 149-155.
https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kemas/article/view/2811

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.