Ternyata ini loh, 3 Manfaat lain Ampas Kopi!

Teman Sehat, kamu termasuk penggemar kopi? Yap, siapa sih yang ngga ngga suka dnegan minuman yang satu ini. Penggemarnya mulai dari kalangan anak muda sampai orang dewasa. Tapi kamu tau ngga, sih? Ternyata ampas kopi bisa dimanfaatkan buat berbagai macam hal, loh!

Selain dimanfaatkan sebagail lulur dan masker di bidang kecantikan, ternyata limbah ini juga bermanfaat di bidang kesehatan dan lingkungan, loh! Mau tau gimana aplikasinya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Bahan bakar alternatif

Di era yang modern ini, sudah banyak penelitian yang mengembangkan bahan bakar alternatif berbasis bahan alami ataupun limbah. Tapi kamu tau ngga, sih? Ternyata limbah ampas kopi bisa dijadikan sebagai bahan bakar alternatif berupa bricket

Bricket biasanya digunakan untuk mempertahankan nyala api, sehingga durasi nyalanya api yang dihasilkan lebih lama. Cara ini bisa menghemat penggunaan bahan bakar, loh! Misalnya, kereta uap dengan bahan bakar kayu, jika ditambahkan bricket dari ampas kopi, maka penggunaan kayunya akan lebih sedikit dan kamu bisa mengurangi penebangan pohon sebagai sumber bahan bakar.

2. Pupuk organik

Kamu tau ngga sih, ternyata ampas kopi punya banyak manfaat, loh! Terutama bagi tumbuhan dengan menambah asupan zat Nitrogen (N), Fosfor (P), dan Kalium (K) atau biasanya disebut NPK. Zat ini, dibutuhkan oleh tanaman karena bisa membantu menyuburkan tanah.

Ternyata, limbah ini bisa dijadikan sebagai pupuk organik, karena mengandung mineral, karbohidrat, dan asam sehingga bisa menurunkan pH tanah. Jadi, mulai sekarang jangan langsung membuangnya sebagai limbah, ya! Kamu bisa mencampurnya dengan tanaman agar tumbuh lebih subur dan pastinya aman buat lingkungan.

3. Obat luka

Ampas kopi bisa menyembuhkan luka? Yap, cukup taburkan bubuk kopi atau ampas kopi di atas luka kamu. Sifat antimikroba yang ada pada kopi, bisa menghambat pertumbuhan bakteri di luka, sehingga bisa menghambat infeksi. Penelitian yang dilakukan oleh Lilian, menyimpulkan bahwa serbuk kopi bisa mempercepat proses penyembuhan luka, loh!

Nah, Teman Sehat, limbah yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari kamu, bukan berati ngga bisa dimanfaatkan ke menjadi hal lain, ya. Mulai sekarang, jangan langsung membuang ampas kopi menjadi limbah, tapi kamu bisa memanfaatkannya menjadi hal-hal yang bermanfaat. Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *