Katakan ‘Tidak’ pada Obesitas!

Teman Sehat, tahukah kamu bahwa obesitas merupakan penyakit yang tidak menular (PTM) peringkat ke-5 penyebab kematian di dunia menurut World health Organization (WHO). Yap, pada tahun 2018 terjadi Peningkatan prevalensi penderita obesitas di indonesia pada tahun 2018 sebesar 21,8 %.

Obesitas bisa terjadi pada siapa aja yang ngga menerapkan gaya hidup dan pola makan yang kurang tepat. Apalagi buat kamu yang punya aktivitas yang padat, sehingga ngga punya banyak waktu buat berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Nah, buat mencegah hal ini, yuk ketahui lebih jauh tentang penyakitnya! So, let’s check it out!

Obesitas

Obesitas disebabkan oleh ketidakseimbangan antara jumlah energi yang masuk dengan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai fungsi biologis, seperti pertumbuhan fisik, perkembangan, aktivitas, pemeliharaan kesehatan. Masalah ini, bisa terjadi pada siapa saja loh, mulai dari usia anak-anak, remaja hingga dewasa.

Aktivitas fisik

Aktivitas fisik sangat erat hubungannya dengan pembakaran kalori dan lemak. Ngga jarang orang-orang yang berolahraga memiliki yujuan buat membakar kalori, lemak dan melatih jantung agar lebih sehat sehingga terhindar dari obesitas dan penyakit jantung.

Tapi, gimana ya cara beraktivitas fisik buat kamu yang ‘super sibuk’? Sederhana aja, menurut penelitian yang dilakukan Dewi, aktivitas fisik seperti naik turun tangga, membantu seseorang untuk membakar delapan kalori per menit. Jadi, jangan lupa sisihkan sedikit waktu buat menghindari penyakit ini dan melatih jantung agar lebih sehat.

Pola makan

Pola makan juga menyumbang buat meningkatkan risiko obesitas, loh! Cukup kurangi atau hindari konsumsi makanan manis seperti kue, minuman dalam kemasan, atau softdrink ketika mengerjakan tugas atau pekerjaan. Konsumsi makanan junk food berlebihan dan makanan berlemak lainnya, juga bisa meningkatkan risiko penyakit ini, loh!

Nah, solusi buat kamu yang suka ngemil dan makan junk food, coba deh ganti camilan kamu dengan buah-buahan atau sayur-sayuran, seperti salad. Konsumsi makanan ini akan meningkatkan zat antioksidan dan polifenol yang bisa menjaga kesehatan tubuh kamu. Selain itu bawalah bekal atau mulai memilih makanan sehat yang akan kamu konsumsi saat makan berat.

Sekarang kamu tau kan, kalau penyakit ini ternyata bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya gaya hidup dan pola makan yang kurang tepat. Yuk, mulai terapkan  dua tips di atas! Walaupun terlihat sepele, tapi ternyata bisa membantu kamu terhindar dari obesitas, loh! Yuk, mulai terapkan hidup sehat, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *