Tips Menghilangkan Rasa Panas di Perut bagi para Spicy Lovers

Halo Teman Sehat! Apakah kamu termasuk para spicy lovers? Makan makanan pedas nan menggugah selera memang jadi kegemaran banyak orang. Ditambah lagi berbagai kuliner asli Indonesia memang memiliki cita rasa pedas yang diracik dari bumbu-bumbu dan cabai khas Indonesia. Yang ngga kalah menarik adalah tren bermunculannya makan pedas varian baru seperti ayam geprek, seblak super pedas, aneka sambal, dan lain sebagainya.

Bagi orang yang kerap mengalami heart burn, harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Makanan pedas merupakan salah satu pemicu utamanya muncul nya rasa tidak nyaman di perut ini.

Makan makanan pedas sensasinya ngga cuma sampai dimulut loh! Banyak orang yang harus ‘menderita’ rasa panas diperut hingga diare. Pastinya ngga nyaman bukan? Nah, apa sih yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa panas tersebut? Yuk, simak tips berikut!

1. Minum susu

Saran yang satu ini pasti udah ngga asing lagi bagi Teman Sehat. Minum segelas susu bisa dengan segera meredakan rasa panas diperut bahkan menyembuhkan heartburn pada penderitanya. Pada dasarnya, kandungan kalsium yang tinggi pada susu lah yang membawa manfaat ini. Kalsium membantu menghilangkan heartburn dengan cara mengencangkan katup yang ada dilambung.

2. Minum yogurt

Mengonsumsi salah satu produk fermentasi susu ini bisa membawa efek menenangkan bagi perut. Yogurt juga mengandung bakteri baik yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu melepaskan suhu panas dalam saluran cerna. Yang ngga kalah penting, yogurt adalah sumber protein yang baik yang mampu meningkatkan kemampuan saluran cerna.

3. Air kelapa

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan sepiring makanan pedas ditemani es kelapa? Rupanya makanan pedas dan es kelapa merupakan pasangan serasi. Rasa panas diperut setelah mengonsumsi makanan pedas bisa dihilangkan dengen kesegaran air kelapa. Sifatnya yang basa membuat air kelapa mampu menetralisir kondisi asam dilambung akibat konsumsi makanan pedas.

4. Makan pisang atau melon

Makan buah adalah salah satu yang paling disarankan untuk menghilangkan rasa panas diperut. Pisang, memiliki kemampuan untuk melapisi lapisan dalam saluran cerna (seperti esofagus) sehingga bisa mengurasi rasa sakit akibat iritasi makanan pedas. Dengan kandungan serat yang tinggi, pisang juga memperkuat sistem imunitas saluran pencernaan. Salah satu jenis seratnya yaitu pektin, yang membantu memperlancar perpindahan makanan sepenjang saluran cerna, seperti diketahui proses perpindahan makanan yang terhambat ini lah yang menciptakan kondisi asam, rasa panas, dan tidak nyaman diperut. Lantas, bagaimanan dengan melon? Buah yang satu ini bersifat basa, serta kandungan magnesiumnya yang tinggi bisa membantu meredakan heart burn.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Teman Sehat aplikasikan untuk menangani rasa panas diperut akibat mengonsumsi makanan pedas. So, dari pilihan 1 sampai 4, kamu lebih tertarik opsi yang mana? Jika Teman Sehat punya tips-tips lainnya boleh banget di tulis pada kolom komentar dibawah ini!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *