Hamil bukan Berarti harus Gendut, loh!

Halo, Teman Sehat! Khususnya buat para calon ibu yang sedang mengandung, pastinya kamu disarankan oleh dokter untuk mengkonsumsi asupan gizi yang ekstra, kan? Asupan ini ditujukan agar kebutuhan nutrisi si kecil tercukupi tanpa membuat menaikan berat badan (BB) berlebihan.

Tapi sebenarnya, ngga semua orang loh, dianjurkan buat meninggkatkan berat badannya (BB). Beberapa orang bahkan, dianjuran buat ngga dianjurkan untuk menambah BB-nya di masa kehamilan, karena tegantung pada BMI (Body Mass Index) awal kamu. Pola makan dan aktivitas sehari-hari perlu diperhatikan agar asupan gizi yang dikonsumsi ngga tertimbun menjadi lemak.

Mau tau apa aja yang perlu dilakukan? So, let’s check it out!

Pastikan kebutuhan serat tercukupi

Buah-buahan dan sayuran, merupkan sumber serat yang baik bagi ibu hamil (bumil). Makanna ini juga mengandung zat gizi mikro, seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh bumil.

Selain itu, biji-bijian juga mengandung serat yang baik bagi tumbuhkembang si kecil. Serat bisa membantu proses pencernaan yang baik bagi bumil, sehingga mengurangi penumpukan lemak dan mencegah terjadinya preeklamsia atau terlahirnya bayi prematur.

Konsumsi lemak ngga jenuh

Lemak merupakan zat gizi yang diperlukan untuk pembentukan membran sel, otak dan jaringan saraf si kecil. Sangat penting buat ibu mengonsumsi makanan dengan kandungan zat gizi ini, karena jenis lemak ini sangat mudah dicerna oleh tubuh.

Contoh lemak ngga jenuh adalah omega-3 dan omega-6 yang bisa membantu perkembangan visual dan kognitif si kecil. Sumber makanan lemak ngga jenuh bisa kamu dapatkan dari minyak nabati, kacang-kacangan, alpukat, dan ikan laut.

Produk olahan susu seperti yohgurt maupun keju, juga bisa menjadi alternatifnya dengan tambahan zat gizi dari vitamin D dan kalsium yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang si kecil.

Jangan lupa konsumsi protein

Pastikan kamu cukup mengonsumsi protein setiap harinya. Protein berperan dalam membantu pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan sel yang diperlukan oleh si kecil.

Cobalah berikan variasi antara protein nabati dan hewani, agar kamu mendapatkan semua jenis asam amino essensial yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Selain itu, protein juga bisa mengenyangkan tanpa perlu mengkonsumsi karbohidrat berlebihan.

Olahraga itu penting

Setelah mendapatkan asupan gizi yang cukup, kamu juga perlu melakukan olahraga. Olahraga yang cocok dan disarankan untuk ibu hamil adalah yoga, karena aktivitas fisiknya ngga terlalu berat. Selain bisa membakar lemak, yoga juga membantu mengontrol emosional ibu dan si kecil melalui instrumen musik yang diputar pada saat yoga.

Nah, sekarang kamu udah tau kan, kalau semasa hamil ngga harus gendut. Caranya dengan memperhatikan pola makan dan aktivitas fisik yang cukup. Asupan gizi yang dikonsumsi ngga harus mengenyangkan, tetapi kebutuhan vitamin, mineral dan zat gizi lainnya harus mencukupi kebutuhan kamu dan si kecil. Selamat mencoba Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *