Resolusi Tahun Baru bersama Si Kecil

Halo, Teman Sehat! Masih dalam suasana Tahun Baru, nih! Gimana resolusi tahun baru kamu, apakah sudah disusun? Yap, buat kamu yang memiliki anak kecil, mungkin salah satu resolusinya adalah lebih banyak melakukan aktivitas bersama untuk membangun ikatan antar orang tua dan anak.

Nah, memasak bersama, bisa menjadi salah satu cara agar kamu bisa melakukan aktivitas bersama si kecil. Mau tau apa aja manfaatnya? So, let’s check it out!

1. Mengenalkan jenis dan proses pembuatan makanan

Teman Sehat, kamu bisa membedakan jahe dan lengkuas, ngga? Kalau ngga ketahuan deh jarang ke dapur. Yap, terkadang hal yang dianggap remeh ini, ternyata bisa memberikan banyak pengalaman loh, buat si kecil.

Si kecil bisa mengenal jenis bahan makanan dan bumbu dapur yang beragam. Selain itu dengan  memasak bersama si kecil jadi tahu, bentuk, rasa, kegunaan bahkan proses setiap jenis makanan. Nilai tambahnya, si kecil jadi lebih menghargai makanan yang disiapkan oleh Ibu karena pernah ikut andil saat mempersiapkannya.

2. Mengenalkan manfaat konsumsi makanan bergizi

Kegiatan memasak bersama akan membuat si kecil tahu betapa beraneka ragamnya bahan pangan di rumah yang bisa diolah menjadi makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu si kecil juga bisa tahu, bahwa makanan cepat saji yang biasa dibeli di luar, bisa juga dimasak bersama di rumah dengan versi yang lebih sehat.

Oh iya, saat memasak dan menyiapkan makanan bersama, secara ngga langsung  akan memengaruhi pola makan sehat si kecil, loh! Si kecil akan terdorong buat menikmati makanan yang sudah disiapkan sebelumnya.

3. Ekonomis dan menyenangkan

Kegiatan ini, merupakan salah satu resolusi tahun baru yang patut kamu lakukan, loh! Hal ini dikarenakan, selain hubungan antara orang tua dan si kecil akan lebih dekat, kegiatan ini adalah salah satu liburan yang ekonomis buat keluarga.

Memasak di rumah akan memberikan pengalaman baru untuk si kecil. Merasakan sensasi memasak di dapur bersama Ibu atau Ayah, akan menjadi pengalaman yang ngga terlupakan buat si kecil.

Hal yang perlu diperhatikan

Saat memasak bersama di dapur, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, mengingat motorik si kecil yang terbatas dan bahaya yang ada di dapur. Pastikan si kecil ngga menggunakan peralatan yang tajam, panas, dan dekat dengan api untuk menjaga keamanan.

Jika meja dapur terlalu tinggi, lakukan di meja makan agar si kecil bisa menggapainya dengan lebih nyaman dan aman. Pilih alat masak yang aman, anti slip, bukan peralatan pecah belah, dan tahan panas, Jangan lupa gunakan apron, sarung tangan dan ajarkan si kecil, untuk cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas ya!

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat melakukan aktivitas memasak dengan si kecil. Kegiatan ini bisa jadi salah satu resolusi tahun baru kamu bersama keluarga, loh! Oh iya, kamu bisa mencoba beberapa resep ini, seperti sup bening ayam, ayam teriyaki, gado-gado, dan bola-bola cokelat untuk memasak bersama si kecil. Jangan lupa share pengalaman kamu di sini ya, Teman Sehat!

Editor dan Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *