Vertigo Ganggu Rutinitasmu? Coba Cek 4 Hal Ini!

burnout-384086_640

Halo Teman Sehat! Apakah kamu pernah merasakan vertigo? Pasti ganggu aktivitas kamu banget kan? Supaya vertigo ngga lagi mengganggu harimu, yuk coba simak 4 hal ini!

1. Apa sih vertigo itu?

vertigo

Vertigo adalah gangguan keseimbangan yang ditandai dengan adanya rasa berputar atau ilusi gerakan. Penderita penyakit ini akan melihat lingkungannya bergerak atau merasakan dirinya yang bergerak.

Penyakit ini pada umumnya dibagi menjadi 2 jenis:

  1. Vertigo sentral, yaitu gangguan di batang otak atau serebelum. Vertigo sentral ini bisa terjadi karena serangan jantung ataupun stroke.
  2. Vertigo perifer, yang juga dibedakan menjadi 3 berdasarkan lama efeknya:
    • Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV) yang terjadi selama beberapa detik akibat perubahan posisi, hal ini tidak terlalu menyebabkan efek yang parah dan masih dapat diatasi secara mandiri.
    • Meniere, disebabkan karena gangguan pada telinga diikuti dengan efek tinnitus selama beberapa menit atau jam
    • Neuronitis vestibularis adalah jenis vertigo yang memberikan efek paling lama dan paling darurat karena dapat menyebabkan muntah dan mual mendadak.

2. Apa penyebabnya?

Penyakit ini paling sering disebabkan oleh gangguan telinga, tapi bukan ngga mungkin juga kalau disebabkan oleh hal-hal lain seperti perubahan posisi kepala tertentu, migrain dan sakit kepala yang sangat parah, gangguan pada telinga bagian dalam, obat-obatan yang merusak telinga, tumor otak, hingga dan trauma luka di kepala dan leher.

Hal-hal tersebut akan membuat fungsi tubuh terganggu. Biasanya, penyakit ini diawali dengan gangguan pengelihatan, yang lama kelamaan akan mengganggu sistem keseimbangan tubuh. Jika keadaan ini berlanjut, maka otak memberi efek serangan vertigo secara tiba-tiba.

3. Apa diagnosis dan gejalanya?

medical-563427_640

Penyakit ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, iya kan?

Bahkan apabila tingkat keparahan sudah berbahaya, akan menimbulkan dampak seperti pingsan secara tiba-tiba, jika hal ini terjadi, berarti dapat dipastikan kalau terjadi penurunan tekanan darah.

Gejala yang mungkin akan muncul juga akibat vertigo ini adalah hilangnya keseimbangan, kesulitan berdiri dan berjalan, mual, muntah, berkeringat, pusing dan gangguan penglihatan.

4. Bagaimana cara menghindarinya?

woman-1447065_640

Penyakit ini memang sangat mengganggu, tapi kamu bisa mencegahnya loh! Gimana caranya?

Hindari gerakan secara tiba-tiba, meletakkan posisi kepala saat tidur menjadi lebih tinggi, menggerakkan kepala secara perlahan-lahan, menghindari gerakan kepala mendongak, berjongkok, ataupun membungkuk. Selain itu, lakukan olahraga teratur dan batasi konsumsi garam dalam makanan sehari-hari.

Nah, itulah 4 hal yang dapat membuatmu lebih kenal dengan vertigo. Bagaimana pendapatmu? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *