Wajib Tahu! Khasiat Air Mawar untuk Kulit Sehat

Kulit sehat ngga selalu identik dengan skincare atau perawatan kulit yang mahal. Banyak sekali bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya yaitu air mawar. Apakah Sahabat Sehat terbiasa menggunakan bahan alami tersebut untuk merawat kulit?

Khasiat air mawar untuk kesehatan kulit sebenarnya sudah lama dimanfaatkan wanita Indonesia supaya tetap cantik dan awet muda. Sebelum belajar membuatnya sendiri di rumah, yuk kenali dulu berbagai manfaatnya bagi kulitmu.

manfaat air mawar untuk kesehatan kulit
Foto: Unsplash.com

Berbagai Manfaat Air Mawar

  • Antibakteri alami: Air rendaman mawar berkhasiat sebagai antibakteri alami yang efektif membersihkan kulit. Manfaat ini membuat kulit terbebas dari jerawat bahkan bisa mengurangi peradangan akibat jerawat sehingga ngga terlihat merah dan lebih cepat sembuh.
  • Pembersih sisa riasan: Setelah seharian menggunakan riasan, sebaiknya kamu membersihkannya dengan air rendaman mawar. Kemampuan membersihkan bahan alami ini bahkanngga kalah ampuh dibandingkan makeup remover merek terkenal, loh!
  • Menghidrasi kulit: Risiko kulit kering dan keriput akan menjauh kalau kamu rutin merawatnya dengan air mawar. Khasiat air rendaman mawar yang satu ini akan menjaga kelembapan dan kesimbangan pH alami kulit.
  • Antioksidan pencegah penuaan dini: Ngga banyak orang yang tahu kalau air mawar juga kaya antioksidan alami yang efektif menangkal dampak buruk radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Membuat Air Mawar Sendiri di Rumah

cara membuat air mawar
Foto: Pixabay.com

Daripada mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk buatan pabrik, lebih baik kamu membuatnya sendiri di rumah karena lebih hemat. Ikuti beberapa langkah berikut ini bila ingin membuat air mawar untuk perawatan kulit di rumah:

  • Mulailah dengan menyiapkan bahan berupa 7 bunga mawar dan 1,5 liter air distilasi.
  • Pisahkan kelopak mawar dari tangkainya lalu rendam kelopak dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit supaya benar-benar bersih.
  • Kemudian, rebuslah kelopak mawar bersama air distilasi dengan api kecil selama 20 hingga 30 menit.
  • Jika warna kelopak mawar sudah memudar, matikan api kompor lalu diamkan air mawar sejenak hingga uap panasnya hilang.
  • Saringlah air untuk memisahkannya dari kelopak mawar. Tempatkan air yang sudah disaring pada botol kaca dan simpan di lemari pendingin.

Bila kamu sudah bisa membuat air rendaman mawar sendiri di rumah, kamu pasti lebih leluasa merawat kulit supaya selalu sehat dan glowing. Bersiaplah mengucapkan selamat tinggal pada kulit kusam yang bikin kamu nggak percaya diri, Sahabat Sehat.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Referensi

10 Manfaat Air Mawar untuk Wajah. https://www.halodoc.com/artikel/10-manfaat-air-mawar-untuk-wajah
Diakses pada: 21 Juni 2021

Rose Water: Benefits and Uses. https://www.healthline.com/health/rose-water-benefits#helpsprevent-and-treats-infections
Diakses pada: 21 Juni 2021

Cara membuat air mawar yang mudah sekali untuk dicoba. https://kesehatan.kontan.co.id/news/cara-membuat-air-mawar-yang-mudah-sekali-untuk-dicoba
Diakses pada: 21 Juni 2021

What you should know about rose water. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320216#what-are-the-benefits
Diakses pada: 21 Juni 2021

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.