Lagi Stress? Coba Deh Jalan Kaki

Sahabat Sehat! Kamu biasanya ngapain kalau lagi stress? Mungkin makan atau tidur kali ya, tapi sudah pernah coba jalan kaki belum? Berdasarkan penelitian, ini cukup efektif loh, untuk mengurangi stress.

Jalan kaki ternyata ngga cuma bisa membawa dampak positif buat kesehatan tubuh. Berdasarkan penelitian pada tahun 2018, ditemukan hasil bahwa berjalan kaki santai selama 10 menit bisa membantu mengurangi gejala penurunan mood yang diakibatkan karena kelelahan.

mengatasi stress dnegan jalan kaki
Foto: Pixabay.com

Penelitian ini melanjutkan penelitian sebelumnya yang meneliti dampak berjalan kaki selama 5 menit yang menunjukkan hasil yang sama. Jadi sebenarnya kamu ngga perlu jalan kaki lama-lama kok, cukup 5-10 menit dan mood kamu akan membaik.

Masih belum percaya? Lihat deh ini beberapa manfaat tersembunyi lain dari jalan kaki untuk mengatasi stress kamu!

Take a Break

Kalau kamu lagi stress karena orang atau lingkungan di sekitar kamu, ada baiknya sejenak ambil waktu buat beristirahat dan menenangkan pikiran. Nah, jalan kaki ini bisa dijadikan cara untuk take a break. 

Kamu bisa jalan kaki di daerah sekitar sambil mencari udara segar dan lihat-lihat pemandangan. Siapa tahu jadi sekalian dapat ilham buat penyelesaian masalah.

Mendekat ke Alam

Sebuah penelitian pada tahun 2018 menemukan bahwa berjalan kaki di lokasi yang masih asri dan alami bisa meningkatkan efeknya dalam mengurangi stress. Asri dan alami di sini bisa diartikan sebagai tempat yang masih belum diubah, baik sebagian maupun sepenuhnya oleh campur tangan manusia, jadi belum ada banyak bangunan dan masih dipenuhi pepohonan.

Kalau kamu bingung mau cari tempat seperti ini, taman dan kebun di area sekitar juga masih termasuk asri dan alami, kok.

Avenue, Trees, Tree Lined, Path, Trail, Forest, Woods
Foto: Pixabay.com

Merenggangkan Otot

Terkadang kalau sedang stress, otot-otot tubuh jadi ikut menegang dan membuat seluruh tubuh jadi ikut sakit. Kamu bisa menguranginya dengan mencoba berjalan kaki sebentar. Sambil jalan, kamu juga bisa merenggangkan otot leher dan pundak yang biasanya kencang setelah seharian bekerja dalam posisi duduk.

Berjalan sambil mengibas-ngibaskan lengan juga bisa membantu melancarkan aliran darah ke tangan dan melemaskan otot.

Membakar Kalori

Sesantai apapun kamu jalan pasti tetap menggerakan otot tubuh, jadi setidaknya bisa membantu membakar kalori. Ini tentunya sangat berguna buat Sahabat Sehat yang biasanya makan banyak buat menghilangkan stress. Hayo siapa?

Tapi jangan harap bisa membakar banyak kalori hanya dengan berjalan kaki, apalagi jika hanya sekedar jalan santai. Kalau kamu mau sekaligus menurunkan berat badan, bisa dicoba jalan kaki lebih lama atau dilanjut dengan jogging.

Sarana Mengobrol

Kalau kamu merasa kesepian atau takut jalan sendirian, bisa juga mengajak teman buat jalan bareng. Sambil jalan, kalian bisa saling mengobrol dan curhat tentang masalah masing-masing. Mungkin ini bisa membantu menyelesaikan masalah yang membuat kamu stress, atau setidaknya mood kamu bisa naik karena tema obrolan yang lucu.

manfaat jalan kaki untuk menghilangkan stress
Foto: Pixabay.com

Menurunkan Tekanan Darah

Saat sedang stress, tekanan darah bisa naik dan menambah kerja jantung. Ini bisa berbahaya kalau Sahabat Sehat punya riwayat penyakit jantung. Jalan kaki sebentar akan membantu mengurangi tekanan darah dan menstabilkan kembali detak jantung kamu.

Ternyata ada banyak ya, manfaat jalan kaki. Apalagi jalan kaki ngga membutuhkan biaya dan bisa dilakukan di mana saja. Kamu juga ngga perlu meluangkan banyak waktu, cukup 5-10 menit. Jadi, kalau suatu saat kamu sedang dalam kondisi stress, coba deh jalan kaki!

Referensi

Verywellfit, Wendy Bumgardner. 2020. How Walking Can Boost Your Mood and Reduce Stress. https://www.verywellfit.com/walking-for-your-mind-and-spirit-3432871. Diakses pada 21 Juni 2021

Edwards MK, Loprinzi PD. 2018. Experimental effects of brief, single bouts of walking and meditation on mood profile in young adults. Health Promot Perspecthttps://hpp.tbzmed.ac.ir/Article/hpp-20320

Ewert A, Chang Y. 2018. Levels of Nature and Stress Response. Behav. Sci. https://www.mdpi.com/2076-328X/8/5/49

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.