Mau Sehat Saat Tua Nanti? Yuk Lakukan 8 Hal Ini dari Sekarang!

Halo Teman Sehat! Ada yang takut tua? Menua adalah kodrat setiap manusia yang ngga bisa kita hindari lagi. Saat usia bertambah,maka ngga jarang banyak lansia mengalami berbagai keluhan kesehatan seperti munculnya penyakit kronis, masalah daya ingat, pengelihatan memburuk, konsumsi obat, masalah fisik dan mobilitas, serta perasaan sendiri dan ditinggalkan. Teman Sehat pasti ngga mau mengalami masalah-masalah itu kan?

Bagi kita kaum muda terkadang masalah itu belum terpikirkan, tapi ngga ada salahnya kalau kita mulai melakukan beberapa hal agar bisa menua dengan sehat, yuk simak caranya!

1. Ciptakan pola makan yang baik dan sehat

Biasakan buat konsumsi makanan bergizi seimbang dan sehat. Penting juga untuk bikin suasana meja makan yang menyenangkan dan membangkitkan selera. Jangan lupa ajak orang terdekat untuk makan bersama, karena terbukti bahwa makan bersama akan lebih meningkatkan selera makan dibanding makan sendiri loh!

2. Perkuat daya tahan tubuh

Perbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, makanan laut, daging rendah lemak, biji-bijian utuh, serta margarin (minyak tumbuhan). Pada dasarnya, sumber makanan tersebut mengandung zat yang penting untuk kekebalan tubuh seperti vitamin E, B6, dan Zn.

3. Pastikan agar saluran cerna tetap sehat

Saluran cerna yang sehat ditandai dengan buang air besar yang teratur. Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti biji-bijian, buah-buahan , dan sayuran berdaun hijau tua.

4. Kurangi risiko penyakit jantung

Nah, buat yang satu ini Teman Sehat perlu membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan natrium. Perbanyaklah konsumsi makanan tinggi vitamin B6 dan B12, asam folat, serat larut air, kalsium, dan kalium. Zat gizi baik tersebut dapat diperoleh dengan konsumsi sayur dan buah, produk olahan susu tanpa lemak, kacang kering, daging rendah lemak, serta oats.

5. Cegah masalah pengelihatan dan katarak

Perbanyak konsumsi sayuran berwarna kuning atau hijau, jeruk sitrun, dan buah-buahan lainnya. Sayur dan buah banyak mengandung vitamin C, E, dan beta karoten (antioksidan).

6. Pertahankan berat badan ideal

Tetaplah aktif secara fisik, konsumsi makanan rendah lemak dan kaya karbohidrat kompleks, dan yang terpenting rajin-rajin menimbang berat badan!

7. Pertahankan kelenturan otot

Lakukan olahraga seperti aerobik yang disertai dengan kegiatan harian seperti mengangkat barang. Olahraga yang dilakukan harus tetap memperhatikan porsi masing-masing usia dan tingkat kebugaran ya, Teman Sehat.

8. Cegah pengeroposan tulang dan hidup aktif

Teman Sehat pastinya ingin tetap lincah di hari tua. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti susu dan produk olahannya. Vitamin D membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Jangan lupa harus terpapar sinar matahari juga! Selain itu, Teman Sehat perlu konsisten berlatih dan hindari bermalas-malasan karena sedikitnya kegiatan atau gerak tubuh akan berkontribusi pada terjadinya osteoporosis.

Nah, itu beberapa hal yang bisa Teman Sehat lakukan supaya memperoleh hidup yang lebih lebih sehat di hari tua. Ada tips lainnya? Yuk share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *