Penting! Inilah 5 Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Keluarga tentang Kebersihan

Halo Teman Sehat! Apakah bersih-bersih rumah masuk dalam jadwal rutin akhir pekan mu? Atau apakah ada budaya kebersihan unik di keluarga mu? Banyak orang mengabaikan hal-hal kecil dalam menjaga kebersihan. Padahal kesehatan salah satunya bersumber dari kebiasaan-kebiasaan kecil tersebut. Nah, kali ini kita akan membahas lima hal seputar keluarga dan kebersihan. Yuk, lanjut baca!

Beberapa hal bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan rumah dan setiap anggota keluarga harus saling mengingatkan agar lingkungan rumah menjadi bersih dan sehat secara optimal. Penasaran apa aja yang perlu diperhatikan? Let’s check it out!

1. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir

Kapan aja sih kita perlu mencuci tangan? Ya, sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah buang air besar, setelah memegang binatang dan makanan mentah. Beberapa kegiatan yang telah disebutkan sangatlah penting untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Mencuci tangan dengan sabun bisa menghilangkan kotoran dan membunuh bibit penyakit yang akan masuk ke makanan atau mulut. Selain itu, mencuci tangan dengan sabun bisa mencegah infeksi cacing yang sering terjadi pada anak-anak.

2. Membuka jendela rumah setiap pagi

Rumah perlu dilengkapi dengan ventilasi dan jendela yang cukup agar pertukaran udara di dalam kamar, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi bisa terjadi dengan baik dan mencegah penyebaran kuman penyakit. Selain itu, jendela yang dibuka bisa memberi kesejukan pada ruangan dan menerima cahaya dari luar.

3. Rumah bebas dari serangga dan binatang penular penyakit

Pencegahan anggota keluarga kontak dengan serangga bisa dilakukan dengan membersihkan perabotan rumah tangga dan lantai secara teratur. Selain itu, pencegahan bisa juga dilakukan dengan memasang perangkap tikus dan memasang kawat kasa pada jendela yang terbuka serta menggunakan kelambu untuk mencegah gigitan nyamuk.

4. Mempunyai tempat pembuangan sampah dan air limbah yang aman

Tempat pembuangan sampah di setiap rumah tangga sangat diperlukan agar sampah bisa dikelola lebih lanjut dan keluarga juga bisa mengurangi jumlah sampah dengan melakukan 3R: Reduce, Reuse, Recycle (mengurangi, memanfaatkan kembali, mendaur ulang). Pembuangan air limbah secara aman bisa dilakukan dengan membuat saluran pembuangan yang tertutup sehingga ngga ada genangan maupun pencemaran lingkungan.

5. Peralatan makan dan memasak harus dalam keadaan bersih

Selain harus dalam keadaan bersih, peralatan seperti panci, piring, pisau perlu disimpan dalam tempat tertutup agar terhindar dari serangga dan debu. Kain lap yang digunakan untuk membersihkan piring dan peralatan lainnya harus rajin dicuci dan dijemur juga ya, Teman Sehat!

Nah, lima hal sederhana di atas perlu diperhatikan agar kebersihan rumah tetap terjaga. Jangan lupa untuk selalu menerapkan hal-hal kecil yang positif dan bermanfaat bagi sekitar ya, Teman Sehat! So, akhir pekan ini mau mulai dari yang mana dulu?

Editor & proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *