Jangan Ngaku Orang Indonesia Kalau Belum Tau 5 Manfaat Bumbu Ini!

manfaat bumbuHalo Teman Sehat! Sejarah menunjukan bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya akan rempah-rempah. Ngga heran jika ratusan abad yang lalu, berbagai bangsa asing datang dan menjajah Indonesia, yang salah satu alasannya ialah karena rempah-rempah.

Berbagai kuliner dari Sabang-Merauke juga memiliki cita rasa yang khas, rempah-rempah adalah bahan yang ngga boleh ketinggalan dalam proses pembuatannya.

Tapi tahukah Teman Sehat bahwa rempah-rempah memiliki khasiat yang hebat terhadap kesehatan? yuk simak beberapa manfaat bumbu berikut ini.

1. Kunyit

kunyit

Apakah Teman Sehat penggemar nasi kuning, soto, atau kari? Makanan berwarna kuning ini dibuat dengan bahan dasar kunyit, selain mengenyangkan ternyata kunyit yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk kesehatan. Studi menunjukan, pemberian curcumin (zat terkandung dalam kunyit) pada hewan percobaan dapat bekerja sebagai zat anti inflamasi, antioksidan, dan anti kanker. National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH) mendanai penelitian-penelitian tentang peran potensial kunyit dalam mencegah sindrom pernafasan akut, kanker hati, dan osteoporosis.

2. Jahe

jahe

Famili dari kunyit ini ternyata memiliki manfaat yang ngga kalah hebatnya. Sejak dulu, jahe telah menjadi bahan baku dalam obat herbal di berbagai negara. Gingerol yang terkandung di dalam jahe dapat memberikan efek farmakologi dan fisiologi yang luar biasa, mulai dari flu hingga kanker. Penelitian menunjukan, jahe dapat berperan sebagai antiokasidan, anti inflamasi, senyawa anti mual, dan anti kanker. Makanya, ga heran kan kalau masuk angin di kasih obat yang mengandung jahe?

3. Lada hitam

manfaat-lada-hitam

Bumbu dengan sensasi pedas ini kerap ditemui di makanan berkuah. Selain sensasinya yang bikin nagih ternyata banyak loh manfaat yang terkandung dalam lada hitam. Senyawa piperine dalam lada hitam mengandung zat anti bakterial sehingga dapat digunakan untuk mengawetkan makanan. Lada hitam juga baik sebagai agen anti inflamasi, menangani vitiligo (masalah pigmentasi pada kulit), meningkatkan efesiensi makanan yang dikonsumsi, dll.

4. Serai

serai

Kalau makan rendang, kari, atau soto, bumbu yang satu ini pasti ga pernah ketinggalan. Dibalik cita rasanya yang khas ternyata banyak manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Serai mengandung vitamin A, B1, B5, B6, C, dan folat serta mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, dll. Penelitian menunjukan bahwa serai memiliki sifat anti kolesterol. Rutin mengkonsumsi sereh secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan menghindari aterosklerosis.

5. Daun salam

daun-salam

Tanaman dengan nama ilmiah Laurus nobilis ini memiliki kemampuan canggih. Sebuah penelitian menunjukan bahwa daun salam dapat meningkatkan fungsi insulin. Singkatnya, dalam penelitian tersebut, konsumsi daun salam 1-3 gr/hari selama 30 hari, menurun faktor risiko diabetes dan penyakit kardiovaskular dan menunjukkan bahwa kemungkinan daun salam dapat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.

Jadi udah tau kan manfaat bumbu diatas, yuk lestarikan bumbu dan kuliner khas Indonesia dan dapatkan efek positif mengkonsumsinya. Semangat sehat! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *